Berita Meksiko Menambah Keuntungan Bursa Amerika 5 Hari Berturut

585

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Amerika kembali mencetak performa yang lumayan melanjutkan trend perdagangan sebelumnya, setelah sempat awal sesi bergerak tanpa arahan. Diakhir bursa Wall Street hari Jumat (07/06) indeks utama ditutup lebih tinggi cukup signifikan dengan penguatan 5 hari berturut.

Indeks Dow Jones  naik 181,09 poin atau 0,7 persen menjadi 25.720,66, Nasdaq naik 40,08 poin atau 0,5 persen menjadi 7.615,55 dan S&P 500 naik 17,34 poin atau 0,6 persen menjadi 2.843,49.  Secara sektoral, semua sektor yang diperdagangkan alami lonjakan yang lumayan.

Seperti yang dialami pergerakan saham jaringan yang naik naik tajam selama perdagangan dan  menghasilkan lonjakan 2 persen untuk NYSE Arca Networking Index. Saham Ciena  memimpin sektor ini lebih tinggi, melonjak sebesar 26,7 persen setelah perusahaan jaringan tersebut melaporkan hasil kuartal kedua fiskal jauh di atas perkiraan analis.

Kekuatan signifikan juga muncul di antara saham minyak, seperti tercermin oleh lonjakan 1,7 persen untuk  NYSE Arca Oil Index.  Demikian juga saham eemikonduktor, emas, perangkat lunak, dan stok tembakau menunjukkan pergerakan  ke atas, berkontribusi pada penguatan indeks utama.

Minat beli saham oleh investor yang cukup besar  pada akhir sesi setelah sebuah pemberitaan media massa yang menunjukkan AS sedang mempertimbangkan menunda tarif untuk barang impor Meksiko. Meksiko mendorong lebih banyak waktu untuk bernegosiasi di tengah kekhawatiran kedua pihak tidak akan mencapai kesepakatan tentang semua langkah yang perlu dilakukan Meksiko untuk menghentikan aliran migran sebelum batas waktu Senin.

Untuk berita data ekonomi yang dirilis semalam,  Departemen Tenaga Kerja merilis laporan yang menunjukkan klaim pengangguran pertama kali di AS tidak berubah dalam minggu yang berakhir 1 Juni. Kemudian sebuah laporan terpisah yang dirilis oleh Departemen Perdagangan menunjukkan defisit perdagangan AS menyempit di bulan April.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here