Bursa Eropa Akhir Pekan Bersiap Cetak Keuntungan Mingguan

1022

(Vibiznews – Index) –  Masuki perdagangan akhir pekan hari Jumat (07/06), bursa saham Eropa kembali memulihkan keuntungan yang terpangkas perdagangan sebelumnya. Sentimen positif investor dari berita  terbaru seputar perdagangan dan ekonomi global serta akan mencermati data NFP AS bulan Mei pada sesi Amerika.

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik 0,6% dengan saham sektor minyak dan gas memimpin kenaikan sektor dengan menguat  1,3%. Indeks DAX Jerman naik 0,68% sementara indeks CAC Prancis menguat 1,31% dan FTSE Inggris mendaki 0,76%. Namun hanya sektor telekomunikasi yang bergerak negatif.

Secara mingguan indeks mayoritas bursa Eropa sedang bergerak cetak keuntungan mingguan pertama kali setelah 2 pekan berturut merugi.

Investor di Eropa juga sedang menanti data pasar tenaga kerja AS  yang akan keluar selama sesi sore Eropa. Data diperkirakan turun,  namun jika angka tersebut anjlok parah, maka ini dapat berdampak pada pemikiran penurunan suku bunga Federal Reserve AS saat ini.

Minat beli saham oleh investor yang cukup besar merespon sebuah pemberitaan media massa yang menunjukkan AS sedang mempertimbangkan menunda tarif untuk barang impor Meksiko. Meksiko mendorong lebih banyak waktu untuk bernegosiasi di tengah kekhawatiran kedua pihak tidak akan mencapai kesepakatan tentang semua langkah yang perlu dilakukan Meksiko untuk menghentikan aliran migran sebelum batas waktu Senin.

Untuk berita seputar Eropa, hari ini merupakan hari dimana Theresa May diperkirakan akan turun secara resmi sebagai pemimpin Partai Konservatif Inggris, namun dia akan mempertahankan posisinya sebagai Perdana Menteri sampai seorang ahli waris politik ditemukan.

Sebagai informasi, perdagangan bursa Eropa hari sebelumnya mixed setelah ECB mendorong kembali waktu kenaikan suku bunga pasca-krisis pertama sampai setidaknya pertengahan tahun depan dan Presiden AS Trump mengancam untuk menaikkan tarif di Cina dengan $300 miliar lagi jika diperlukan. Indeks Pan  Eropa Stoxx 600 turun tipis. DAX Jerman turun 0,2 persen dan indeks CAC 40 Prancis turun 0,3 persen sementara FTSE 100  naik 0,6 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here