EUR/USD Memperpanjang Rally, Menyentuh Ketinggian 2 Bulan Yang Baru

322

(Vibiznews-Forex) Matauang bersama Eropa terus mengambil keuntungan dari kelemahan pasangannya setelah laporan NFP meleset jauh dari yang diperkirakan dalam segala lini. EUR/USD mencapai 1.1340 dengan minat spekulatif terus memperhitungkan dalam harga pemangkasan tingkat bunga AS yang sedang datang.

Spekulasi bahwa Federal Reserve AS bisa memangkas tingkat bunga mendominasi minggu lalu, membawa dolar kepada kerugian terhadap kebanyakan rival utamanya, dan membantu EUR/USD menyentuh ketinggian pada area 1.1330. Eskalasi dari ketegangan perdagangan membebani outlook ekonomi, bukan saja di AS. Para pejabat Fed membuat perubahan dalam bahasa mereka yang membuat kenaikan dolar AS menyentuh rem.

Kepala Fed St. Louis, Bullard melemparkan batu pertama dengan mengatakan bahwa pemangkasan tingkat bunga bisa terjadi segera walaupun Bullard terkenal sebagai “dovish”. Gubernur Powell menambah bensin kepada api dengan mengatakan bahwa bank sentral siap bertindak untuk menunjang ekspansi ekonomi jika perang dagang melemahkan ekonomi, menghilangkan sebutan perlunya “sabar”.

ECB mengadakan pertemuan kebijakan moneter pada minggu lalu dan menolak sikap yang jelas “dovish” dari pasangan luarnegerinya. Pesan dari para pejabat Uni Eropa bercampur. ECB tetap mempertahankan tingkat bunganya tidak berubah sebagaimana yang diperkirakan, namun Draghi kelihatannya optimis, mengatakan bahwa pertumbuhan di beberapa sektor tetap tangguh. Namun, ECB juga memundurkan potensi kenaikan tingkat bunga ke kuartal pertama 2020 dan mereferensikan resiko sehubungan dengan ketidakpastian global dan pertumbuhan yang melambat sehubungan dengan ketegangan perdagangan.

Katalisator “bullish” lainnya adalah laporan Non-Farm Payroll AS, yang mengecewakan pada semua lini. AS menambahkan hanya 75.000 pekerjaan baru pada bulan April dibandingkan dengan yang diantisipasikan sebanyak 185.000. Tingkat pengangguran tetap stabil pada 3.6%, namun karena penurunan pada tingkat partisipasi menjadi 62.8%. Pertumbuhan upah dibawah ekspektasi pasar, hanya naik 0.2% MoM dan 3.1% YoY. Penciptaan pekerjaan pada bulan sebelumnya direvisi turun menjadi 224.000 dari sebelumnya 263.000. Berita ini menyalakan spekulasi bahwa the Fed semakin dekat dengan pemangkasan tingkat bunga, dengan alat CME Group Fed Watch sekarang melihat kemungkinan Fed memangkas tingkat bunga pada bulan Juli adalah sebanyak 75%.

Secara tehnikal, kenaikan pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.1347 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1360 dan akhirnya 1.1460. Sedangkan penurunan pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “support” terdekat 1.1310 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1265 dan akhirnya 1.1220.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here