EUR/USD Berjuang Pada 1.1300 Ditengah Keprihatinan Perdagangan & ECB

318

(Vibiznews-Forex) EUR/USD berjuang disekitar 1.1300, turun dari ketinggiannya. AS dan Mexico telah mencapai kesepakatan namun Trump menggemborkan tarif  baru terhadap Cina. ECB dilaporkan sedang kuatir dengan tingkat pertukaran matauangnya dan sedang mempertimbangkan pemangkasan suku bunga.

Aksi jual USD yang berlangsung terus menerus membantu EUR/USD membangun pergerakan positif setelah pertemuan ECB dan membuat naik pasangan matauang ini ketinggian intraday di 1.1348 – level tertinggi sejak 22 Maret. Pasangan matauang ini juga mencatat penutupan mingguan terkuat sejak akhir bulan Februari dan mengkonfirmasi tembusnya gerakan naik jangka pendek, walaupun perkembangan yang baik sehubungan dengan perdagangan membuat tahanan terhadap setiap pergerakan naik selanjutnya. Presiden AS Donald Trump menghentikan rencana untuk mengenakan tarif atas Mexico setelah kedua negara mencapai persetujuan mengenai imigrasi.

Pasangan matauang ini mundur kembali ke batas 1.1300 selama perdagangan sesi Asia pada hari Senin namun penurunannya nampaknya tertahan ditengah ketakutan akan perang dagang Cina yang lebih lama. Dengan beberapa pasar Eropa tutup karena liburan pada hari Senin kemarin, pergerakan pasangan matauang ini bergantung kepada dinamika harga USD ditengah rilis data ekonomi penggerak pasar minggu ini.

Secara tehnikal, pergerakan naik pasangan matauang ini berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.1335 yang apabila tertembus akan bertemu dengan “resistance” berikutnya di 1.1370 dan akhirnya 1.1400. Sebaliknya penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.1275 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1220 dan kemudian 1.1200.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here