GBP/USD Jatuh Kearah 1.2600 Setelah Laporan Penjualan Eceran AS

356

(Vibiznews-Forex) GBP/USD diperdagangkan mendekati 1.2600, disekitar kerendahan mingguan. Penjualan eceran AS mengatasi ekspektasi dan ketegangan perdagangan juga mendorong USD. Inggris kemungkinan akan memilih Boris Johnson sebagai Perdana Menteri yang baru.

Boris Johnson memiliki satu kaki di Downing Street 10 bunyi judul di Daily Mail dan media yang biasanya sensasional tersebut tidak bisa dituduh melebih-lebihkan kali ini. Bekas menteri luarnegeri ini mengatasi rivalnya dengan menerima suara 114 dari rekan-rekan di Parlemen pada ronde pertama dari pemungutan suara kepemimpinan – jauh diatas Jeremy Hunt, Michael Gove, Dominic Raab dan lainnya.

Tiga kandidat dieliminasi dan anggota parlemen yang memberikan suara kepada mereka sekarang kemungkinan menambah dukungan kepada Johnson. Ronde berikutnya akan diadakan pada hari Selasa.

Johnson mengatakan Inggris harus meninggalkan Uni Eropa pada tenggat waktu 31 Oktober – dengan atau tanpa kesepakatan – meningkatkan resiko akan keluarnya Inggris yang tanpa kesepakatan. Di sisi lain, dia berniat untuk mencapai kesepakatan yang baru. Pasar mencoba mendalami kebijakannya yang akan datang.

Gubernur Bank of England Mark Carney akan berbicara nantinya dan akan menyentuh mengenai Brexit. Bank sentral Inggris ini mengasumsikan “keluarnya Inggris yang mulus” dan Gubernur ini kemungkinan memperingati resiko akan sebuah “exit” yang tidak mulus.

Di AS perang dagang dan spekulasi mengenai the Fed berkompetisi dalam menggerakkan dolar AS. Penasehat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow berkata bahwa AS kemungkinan mengenakan tarif lebih banyak lagi atas Cina jika Presiden Donald Trump dan Xi Jinping tidak bertemu pada pertemuan tingkat tinggi G-20 nanti pada bulan ini. Sementara spekulasi mengenai pergerakan the Fed berikutnya memuncak.

Dari sisi data ekonomi AS, penjualan eceran AS diperkirakan naik 0.6% pada bulan Mei sementara “control group” yang dikenal sebagai “inti daripada inti” diperkirakan meningkat 0.4%. Kenyataannya penjualan eceran AS mengatasi yang diperkirakan dengan “control group” naik sebanyak 0.5% pada bulan Mei diatas dari revisi yang telah dinaikkan angkanya.

Secara tehnikal, penurunan lebih lanjut dari pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.2583 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.2576 dan akhirnya 1.2564. Sebaliknya apabila naik akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.2680 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2705 dan akhirnya 1.2765.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here