Saham Perbankan Selamatkan Sebagian Bursa Eropa Awal Pekan

536

(Vibiznews – Index) –  Bursa saham Eropa perdagangan awal pekan hari Senin (17/06) bergeraka mixed dengan mayoritas indeks utama rebound dari posisi pelemahan perdagangan akhir pekan lalu. Pasar masih membeli saham dengan hati-hati jelang pengumuman penting bank sentral Amerika pekan ini.

Indeks Pan-European Stoxx 600 diperdagangkan di sekitar garis datar dengan kini naik 0,09%, saham perbankan memimpin kenaikan indeks dengan lonjakan 0,8% sementara itu saham travel dan wisata turun 0,9%. Indeks DAX Jerman menguat  0,07 persen, indeks CAC 40 Prancis menguat 0,18 persen, sedangkan  indeks FTSE 100 dari Inggris turun sekitar 0,02 persen.

Saham maskapai penerbangan jatuh pada awal sesi setelah Lufthansa mengeluarkan peringatan laba, menyebabkan sahamnya turun 12,4% dan sempat menyeret bursa saham Jerman  ke zona merah. Saham Air France KLM turun 4,4% sementara saham EasyJet tergelincir 4,1% di kesepakatan awal.

Saham pembuat chip terpukul di seluruh dunia  akhir pekan lalu setelah Broadcom mengeluarkan peringatan penjualan, akibat  perang dagang AS-China, dan  banyak media beritakan pembuat chip AS yang memasok Huawei diam-diam melobi Gedung Putih untuk meringankan larangan penjualan kepada raksasa telekomunikasi China.

Saham Deutsche Bank diperdagangkan 2,6% lebih tinggi di bursa saham Jerman dan saham  Bank Belanda ABN Amro naik 1% setelah mengumumkan hari Minggu bahwa CEO Kees van Dijkhuizen akan akhir masa jabatannya  pada bulan April.

Di Inggris, kandidat partai Konservatif untuk menggantikan Perdana Menteri Inggris Theresa May, dalam debat TV langsung pada hari Minggu, fokus pada Boris Johnson dengan janji favoritnya untuk Brexit  dengan atau tanpa kesepakatan pada 31 Oktober.

Sebagai informasi, bursa saham perdagangan akhir pekan lalu  jatuh karena ketegangan meningkat antara AS dan Iran. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 melemah 0,4 persen dengan indeks DAX Jerman turun 0,6 persen, indeks CAC 40 Prancis turun 0,2 persen dan FTSE 100  menurun 0,3 persen.

.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here