Pernyataan Mario Draghi Lemahkan Euro dan Bangkitkan Bursa Eropa

334

(Vibiznews-Forex)– Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi dalam momentum ECB Forum yang diadakan di Sintra-Portugal, menyatakan sikap ECB dalam memperbaiki ekonomi kawasan Euro dengan alat yang mereka miliki. Draghi mengatakan bahwa jika situasi ekonomi memburuk,  dalam beberapa bulan mendatang bank sentral akan mengumumkan stimulus lebih lanjut.

Merespon pernyataan Mario Draghi tersebut, bursa saham kawasan Eropa bangkit setelah perdagangan sebelumnya sebagian alami pelemahan. Namun kurs euro terhadap beberapa rival utamanya melemah oleh pernyataan dovish ini.

“Dengan tidak adanya perbaikan, sehingga pengembalian inflasi yang berkelanjutan ke tujuan kami jadi terancam, maka stimulus tambahan akan diperlukan,” kata Draghi. Stimulus tersebut nantinya dapat berupa pemotongan suku bunga lagi atau menyediakan pembelian aset lebih lanjut.

ECB melihat karena faktor geopolitik dan konflik perdagangan, yang telah membebani ekspor dan sektor manufaktur sebagai  pendorong penting pertumbuhan ekonomi di zona euro.

Selama pidatonya di Sintra, Mario Draghi juga mencoba meyakinkan pelaku pasar tentang kemampuan bank sentral Euro untuk bertindak di tengah keraguan yang semakin besar tentang dampak nyata kebijakan moneter jika resesi baru terjadi.

Awal bulan ini, ECB merevisi ekspektasi suku bunga, menambahkan bahwa kenaikan suku bunga pasca krisis pertama kali tidak mungkin terjadi sebelum pertengahan 2020. Sikap dovish ini menunjukkan bank sentral ragu dengan pemulihan ekonomi di wilayah yang beranggotakan 19 negara.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here