Sentimen Ekonomi Jerman Anjlok; Konfirmasikan Perlambatan Ekonomi Global

641

(Vibiznews – Economy & Business) Sentimen perlambatan ekonomi melanda pasar global. Hal tersebut semakin terkonfirmasi dengan salah satu ukuran utama untuk ekonomi Jerman anjlok pada bulan Juni akibat karena kekhawatiran perdagangan, ketegangan geopolitik dan Brexit semuanya membebani eksekutif keuangan.

Indikator sentimen ekonomi ZEW turun menjadi minus 21,1 bulan ini, turun 19 poin dari Mei dan jauh di bawah ekspektasi minus 5,9 dalam jajak pendapat Reuters.

“Penurunan tajam dalam Indikator Sentimen Ekonomi ZEW bertepatan dengan meningkatnya ketidakpastian mengenai perkembangan masa depan ekonomi global dan secara substansial memperburuk angka-angka untuk ekonomi Jerman pada awal kuartal kedua,” kata Achim Wambach, presiden ZEW yang berbasis di Mannheim.

“Intensifikasi konflik antara AS dan China, meningkatnya risiko konflik militer di Timur Tengah dan kemungkinan lebih tinggi dari Brexit yang tidak ada kesepakatan, semuanya memberi bayangan pada prospek ekonomi global.”

Pandangan eksekutif tentang kondisi saat ini juga turun, ke skor 7,8, sedikit lebih baik dari yang diperkirakan analis.

Euro turun tajam pada Selasa pagi, sementara obligasi pemerintah Jerman mencapai rekor tertinggi, setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengindikasikan bank dapat meluncurkan putaran stimulus lain jika iklim pertumbuhan lemah dan ketidakpastian politik gagal terangkat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here