BOE Pertahankan Suku Bunga Tidak Berubah

781

(Vibiznews – Economy & Business) Bank of England mempertahankan suku bunga stabil pada hari Kamis (20/06) di tengah kemungkinan Brexit dijalankan tanpa kesepakatan di Inggris.

Pejabat BOE sebelumnya telah berbicara tentang perlunya biaya pinjaman yang lebih tinggi dalam waktu yang tidak terlalu lama, tetapi Gubernur BOE Mark Carney mengumumkan bahwa Komite Kebijakan Moneter bank sentral (MPC) telah memilih dengan suara bulat untuk mempertahankan suku bunga di 0,75%.

Keputusan menunjukkan bahwa BOE tidak berencana untuk membalikkan arah sesuai dengan bank sentral utama lainnya, yang telah menetapkan nada yang lebih dovish minggu ini. Pada pertemuan Laporan Inflasi kuartal kedua Mei, Carney menyarankan bahwa pasar meremehkan lintasan suku bunga bank sentral, bersikeras bahwa langkah selanjutnya akan naik.

Pada hari Selasa, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengindikasikan bahwa lebih banyak stimulus dapat ditambahkan ke zona euro, sementara Federal Reserve AS pada hari Rabu mempertahankan tingkat suku bunga stabil, tetapi membuka pintu bagi penurunan suku bunga di masa depan.

Tingkat inflasi dasar Inggris yang lembut juga membantu BoE untuk menahan kenaikan suku bunga baru sementara menunggu hasil kebuntuan Brexit, meskipun beberapa pejabat dalam beberapa pekan terakhir mengatakan kenaikan mungkin diperlukan.

Data ekonomi Inggris yang diterbitkan Rabu menunjukkan pendinginan tingkat inflasi negara itu pada bulan Mei, dengan tekanan biaya di pabrik-pabrik jatuh ke level terendah tiga tahun. Harga konsumen naik ke tingkat tahunan 2% di bulan Mei, sesuai harapan.

Kepala Ekonom BOE Andy Haldane mengatakan awal bulan ini bahwa waktu untuk kenaikan suku bunga untuk mengurangi tekanan inflasi sudah dekat, sementara anggota MPC Michael Saunders mengatakan ketidakpastian Brexit bukan alasan untuk menunda kebijakan yang lebih ketat tanpa batas.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here