EUR/USD Merayap Naik Mendekati 1.1260

273

(Vibiznews-Forex) Pada saat mendekati keputusan the Fed, dolar AS berada dalam tekanan, walaupun EUR adalah diantara yang terlemah, tidak bisa naik setelah perkataan Draghi yang “dovish” pada hari Selasa. Keputusan the Fed membuat dolar AS bertambah turun karena  bank sentral bersikap “dovish” dengan menghilangkan perkataan “bersabar” di dalam pernyataannya, sehingga membawa naik EUR/USD ke level mendekati 1.1260.

Pasangan matauang EUR/USD menghabiskan separuh dari hari perdagangan kemarin dengan tidak banyak pergerakan dibawah level 1.1200, dengan para spekulan menahan diri menjelang keputusan kebijakan moneter dari Federal Reserve yang keluar pada saat perdagangan sesi Amerika Serikat. Matauang Amerika turun dibawah basis harian namun tidak ada pergerakan yang signifikan.

Saham-saham naik di Asia walaupun indeks saham Eropa bertengger disekitar level pembukaan, ditengah kehati-hatian yang menguasai pasar, sementara imbal hasil obligasi pemerintah stabil disekitar penutupan pada hari Selasa.

Dari medan data, Uni Eropa merilis Output Construction April, yang turun 0.81% MoM namun naik 3.9% Y0Y. Di AS MBA mortgage applications turun -3.4% dibandingkan dengan sebelumnya +26.8%.

Federal Reserve mengumumkan bahwa mereka tetap mempertahankan tingkat bunga “benchmark” tidak berubah setelah pertemuan kebijakan moneter selama dua hari.

Ini adalah keputusan yang telah diperkirakan secara luas, dengan para investor sebagian besar fokus terhadap setiap petunjuk mengenai kemungkinan pemangkasan tingkat suku bunga pada bulan Juli. Sebelum keputusan berlangsung, pasar memperhitungkan dalam harga probabilita the Fed akan tetap mempertahankan tingkat bunga sekarang ini sebanyak 74% dan probabilita pemangkasan tingkat bunga pada bulan Juli adalah sebanyak 63.8%, menurut CME FedWatch Tool.

Secara tehnikal, kenaikan lebih lanjut dari pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.1280 yang apabila terlewati akan lanjut ke 1.1325 dan akhirnya 1.1336. Sebaliknya penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat pada 1.1180 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1150 dan akhirnya 1.1105.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here