Saham Bursa Eropa Melonjak Tinggi Jelang Pengumuman Kebijakan BOE

466

(Vibiznews – Index) – Saham-saham di bursa  Eropa  diperdagangkan menguat tajam pada Kamis (20/06) oleh penantian  investor akan keputusan suku bunga dari Bank of England dan juga imbas keuntungan yang dicapai bursa saham Amerika dan Asia. Mayoritas indeks rebound setelah perdagangan sebelumnya ditutup pada zona negatif.

Indeks Pan-European Stoxx 600 melonjak 0,7% dengan saham sektor  minyak dan gas memimpin kenaikan saham-saham dengan kenaikan 1,6%. Indeks DAX Jerman mencapai posisi tertinggi enam minggu, dengan kenaikan  1%, indeks CAC 40 Prancis naik 0,73 persen dan FTSE 100 naik 0,32 persen.

Lebih lagi tentang pergerakan sektoral, hanya saham travel dan wisata yang bergerak negatif. Lonjakan sektor juga terjadi pada saham-saham otomotif, bahan kimia, dan teknologi  yang naik lebih dari 1,3%.

Fokus minggu ini setelah menanti sinyal kebijakan Fed berlanjut pada kebijakan Bank of England yang akan mengumumkan keputusan dan diperkirakan mempertahankan suku bunga di 0,75%, meskipun dua pejabat baru-baru ini mempermasalahkan perlunya biaya pinjaman yang lebih tinggi dalam waktu dekat.

Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi menggembar-gemborkan stimulus lain pada hari Selasa, sementara hari Rabu melihat Federal Reserve AS mengisyaratkan penurunan suku bunga akhir tahun ini.

Berita dari Inggris, partai konservatif Anggota Parlemen (anggota parlemen) diharapkan untuk memutuskan dua kandidat terakhir untuk menggantikan Perdana Menteri Theresa May, dengan mantan Menteri Luar Negeri Boris Johnson menjadi favorit.

Untuk berita koorporasi, Airbus telah menyegel kesepakatan dengan pembeli besar untuk jet penumpang terbarunya di Paris Air Show, menyusul pesanan mengejutkan oleh pemilik British Airways untuk saingannya Boeing 737 Max jet.

Sementara itu dilaporkan bahwa Deutsche Bank menghadapi investigasi anti pencucian uang lain, kali ini dari otoritas federal AS sehingga membuat perdagangan saham Deutsche Bank negatif.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa sebelumnya pada hari Rabu ditutup mixed meskipun nada optimis Presiden Trump pada pembicaraan perdagangan dengan China.  Indeks Pan Eropa Stoxx 600 berakhir dengan nada datar dengan indeks DAX Jerman tergelincir 0,2 persen dan FTSE 100   turun setengah persen sementara indeks CAC 40 Prancis naik 0,2 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here