Bursa Eropa Akhir Pekan Masih Kuat Hiraukan Konflik AS-Iran

859

(Vibiznews – Index) – Saham-saham di bursa  Eropa  diperdagangkan  sedikit lebih tinggi pada perdagangan akhir pekan Jumat (21/06) di tengah meningkatnya kekhawatiran akan konfrontasi militer di Timur Tengah. Bursa saham Perancis yang keuntungannya cukup signifikan.

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik sekitar 0,1%  dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif. Indeks DAX Jerman alami kenaikan 0,26%, indeks CAC 40 Prancis naik 0,50 persen dan FTSE 100 naik 0,15 persen. Saham sektor  perbankan Eropa memimpin kenaikan  naik sekitar 0,6%.

Saham Natixis Prancis adalah salah satu top gainers dari sektor keuangan, pulih sedikit setelah mengalami kerugian besar di sesi sebelumnya.  Saham-saham layanan kesehatan dan teknologi menjadi sektor yang paling terburuk, dengan masing-masing sektor diperdagangkan lebih dari 0,3% lebih rendah dan salah satunya saham IQE.

Saham IQE yang terdaftar di London melaporkan  pendapatan akan lebih lemah dari yang diantisipasi untuk tahun keuangan 2019, sehingga saham jatuh lebih dari 37% di tengah berita, mendorong saham semikonduktor Eropa lainnya turun seperti AMS, Siltronic dan Infineon.

Fokus pasar sebagian besar disesuaikan dengan mendidihnya ketegangan geopolitik antara AS dan Iran. Itu terjadi setelah New York Times melaporkan Kamis malam bahwa Presiden Donald Trump menyetujui serangan militer pada beberapa target Iran, tetapi tiba-tiba menarik diri dari meluncurkan serangan.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa sebelumnya pada hari Kamis  ditutup lebih tinggi karena investor bereaksi terhadap keputusan suku bunga dari Federal Reserve, Bank of Japan dan Bank of England. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,4 persen. DAX Jerman naik 0,4 persen sementara indeks CAC 40 Prancis dan FTSE 100 AS naik 0,3 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here