Pertumbuhan Sektor Jasa dan Manufaktur Jerman Bulan Juni Meningkat

1119

(Vibiznews – Economy & Business) Aktivitas di sektor jasa dan manufaktur Jerman naik lebih tinggi di bulan Juni, demikian survei dilansir pada hari Jumat (21/06), menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi negara terbesar Eropa ini telah stabil pada kecepatan moderat pada kuartal kedua.

Indeks Layanan Pembelian IHS Markit Purchasing Managers ‘Index (PMI) naik sedikit menjadi 55,6, tertinggi dua bulan, dari 55,4 pada bulan Mei. Sektor ini telah membantu mendukung pertumbuhan di Jerman sementara manufaktur tertekan, sebagian karena perselisihan perdagangan dan ketidakpastian Brexit.

Indeks PMI manufaktur untuk Jerman mencapai ketinggian empat bulan 45,4 pada Juni dari 44,3 pada Mei. Namun indeks tetap di bawah tanda 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi.

Yang membuat indeks komposit PMI mengukur aktivitas di sektor jasa dan manufaktur yang bersama-sama menyumbang lebih dari dua pertiga dari ekonomi Jerman tidak berubah di 52,6.

Ketiga pembacaan PMI mengalahkan perkiraan dalam jajak pendapat Reuters.

Ekonomi terbesar Eropa telah tumbuh selama sembilan tahun tetapi sedang menghadapi turbulensi dari perselisihan perdagangan antara Amerika Serikat dan China dan Uni Eropa.

Setelah ekspansi moderat 0,4% pada kuartal pertama 2019, pemerintah Jerman memangkas perkiraan pertumbuhan untuk setahun penuh menjadi 0,5%.

Bundesbank mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya memperkirakan produksi ekonomi turun sedikit pada kuartal kedua.

Ekonom Markit Chris Williamson mengatakan ia memperkirakan tingkat pertumbuhan antara 0,2% dan 0,3% pada kuartal kedua, menambahkan bahwa sektor manufaktur belum tentu keluar dari posisi terbawahnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here