Iklim Bisnis Jerman Bulan Juni Memburuk, Apa Penyebabnya?

517

(Vibiznews – Economy & Business) Optimisme bisnis Jerman memburuk untuk bulan ketiga berturut-turut pada bulan Juni, sebuah survei menunjukkan pada hari Senin (24/06), mensinyalkan bahwa ekonomi terbesar Eropa ini mengalami kontraksi pada kuartal kedua.

Institut Ifo mengatakan indeks iklim bisnis turun menjadi 97,4 dari 97,9 pada Mei. Bacaan Juni dibandingkan dengan perkiraan konsensus untuk 97,2.

“Ekonomi Jerman sedang menuju kelesuan,” kata Presiden Ifo Clemens Fuest, menambahkan bahwa iklim bisnis di sektor manufaktur dan jasa telah memburuk.

Sektor jasa telah memberikan dorongan karena manufaktur menyusut.

Bundesbank mengatakan bulan ini mereka memperkirakan ekonomi untuk sedikit berkontraksi pada kuartal kedua setelah ekspansi 0,4% antara Januari dan Maret.

Setelah sembilan tahun berturut-turut tumbuh, Jerman berjuang ketika produsen yang bergantung pada ekspornya berjuang menghadapi sengketa perdagangan, ketidakpastian Brexit, dan ekonomi dunia yang dingin.

Ekonomi telah mengandalkan konsumsi swasta untuk pertumbuhan, siklus yang didukung oleh pasar tenaga kerja yang kuat, suku bunga rendah dan kenaikan upah.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here