Inflasi Jerman Juni Naik, Namun Belum Mencapai Target ECB

593

(Vibiznews – Economy & Business) Tingkat inflasi Jerman naik menjadi 1,6 persen tahun-ke-tahun pada Juni 2019 dari 1,4 persen pada bulan sebelumnya dan di atas ekspektasi pasar sebesar 1,4 persen, demikian data Kantor Statistik Federal pada Kamis (27/06).

Namun inflasi tahunan Jerman ini masih jauh di bawah level target Bank Sentral Eropa pada Juni, memberikan dukungan kepada keputusan bank untuk tidak menaikkan suku bunga di tahun mendatang.

ECB menargetkan inflasi mendekati tetapi di bawah 2% untuk zona Eropa secara keseluruhan.

Harga konsumen Jerman, yang diselaraskan agar dapat dibandingkan dengan data inflasi dari negara-negara Uni Eropa lainnya, naik 1,3% secara tahunan setelah meningkat dengan jumlah yang sama pada bulan sebelumnya.

Pada bulan ini, harga yang diharmonisasikan oleh Uni Eropa naik sebesar 0,1%, sejalan dengan ekspektasi pasar.

Inflasi jasa diperkirakan naik menjadi 2,0 persen pada Juni dari 1,2 persen pada Mei, dengan harga sewa naik 1,4 persen, laju yang sama seperti pada bulan sebelumnya. Selain itu, harga pangan diperkirakan naik 1,2 persen, lebih cepat dari 0,9 persen pada Mei; sementara inflasi energi mungkin akan melambat menjadi 2,2 persen dari 4,2 persen.

Pada basis bulanan, harga konsumen ditetapkan untuk naik 0,3 persen di bulan Juni, menyusul kenaikan 0,2 persen di bulan Mei dan juga mengalahkan perkiraan pasar 0,1 persen.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here