Sentimen Ekonomi Zona Eropa Juni Turun Terendah 3 Tahun

618

(Vibiznews – Economy & Business) Sentimen ekonomi zona Eropa turun ke titik terendah dalam hampir tiga tahun pada Juni karena kepercayaan turun tajam sebagian besar di Jerman dan Italia, demikian data Komisi Eropa pada hari Kamis (27/06).

Komisi Eropa mengatakan bahwa indikator utama kepercayaan ekonomi turun menjadi 103,3 poin pada Juni dari 105,2 sebulan sebelumnya, mencapai level terendah sejak Agustus 2016.

Penurunan besar Juni menutup satu semester di mana sentimen turun di setiap bulan, kecuali Mei, mengirimkan peringatan keras lain atas kesehatan ekonomi blok 19-negara tersebut yang bergulat dengan pertumbuhan yang lemah dan inflasi yang rendah. Jatuhnya juga lebih besar dari perkiraan pasar jatuh ke 104,6.

Penurunan kepercayaan terbesar tercatat di Jerman, sebagai ekonomi terbesar, dan Italia sebagai kekuatan ekonomi utama ketiga.

Indikator di Jerman turun 2,9 poin, dan di Italia 1,5 poin. Keyakinan juga menurun di Prancis, Belanda, dan Spanyol.

Sentimen di sektor industri anjlok 2,7 poin, penurunan terbesar dalam sekitar delapan tahun, hanya disamai oleh penurunan serupa di bulan April, karena sektor yang didorong ekspor menderita dari ketegangan perdagangan global.

Manajer bisnis juga pesimis tentang sektor jasa zona Eropa, yang mencatat penurunan 1,1 poin.

Kepercayaan konsumen turun 0,7 poin, tetapi tidak mempengaruhi sentimen di sektor perdagangan ritel, yang malah naik 1,0 poin.

Dalam rilis terpisah, Komisi mengatakan bahwa indikator iklim bisnisnya, yang membantu menunjukkan fase siklus bisnis, turun menjadi 0,17 pada Juni dari 0,30 pada Mei untuk penurunan bulanan keempat berturut-turut. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penurunan lebih terbatas ke 0,23.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here