Bursa Eropa Siap Merugi Oleh Ancaman Perang AS

540

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa perdagangan hari Selasa (02/07)  dibuka mixed   setelah pemerintah AS mengancam tarif tambahan barang-barang Uni Eropa sebesar $4 miliar dalam perselisihan jangka panjang mengenai subsidi pesawat.

Optimisme gencatan senjata AS-Cina juga memudar, dengan Trump sekarang mengatakan bahwa setiap kesepakatan perdagangan dengan China perlu agak dimiringkan demi Amerika Serikat.

Indeks Pan  Eropa Stoxx 600 naik 0,2 persen menjadi 388,48 setelah naik 0,8 persen di sesi sebelumnya. Indeks DAX Jerman turun 0,1 persen dan indeks CAC 40 Prancis sedikit lebih rendah sementara FTSE 100 dari Inggris naik setengah persen.

Saham Galapagos melonjak lebih dari 5 persen. Perusahaan riset farmasi Belgo-Belanda tersebut mengumumkan akan mengirimkan filgotinib obatnya sebagai pengobatan untuk rheumatoid arthritis ke FDA tahun ini.

Saham Brewer Anheuser-Busch InBev SA naik lebih dari 1 persen ketika memulai penawaran umum perdana untuk unitnya di Asia Pasifik. Saham Planemaker Airbus merosot hampir 1 persen di tengah pertengkaran subsidi dengan saingan Boeing.

Saham L’Oréal naik 1 persen setelah perusahaan barang mewah dan kosmetik Prancis tersebut mengatakan sedang dalam negosiasi eksklusif untuk akuisisi Mugler dan Azzaro dari Clarins Group.

Saham raksasa iklan WPP turun lebih dari 2 persen setelah perusahaan mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengadakan diskusi eksklusif untuk menjual kepemilikan saham mayoritas di Kantar kepada Bain Capital untuk nilai perusahaan utama sekitar $4 miliar.

Berita rilis ekonomi hari ini di Eropa, penjualan ritel Jerman naik 4,0 persen tahun ke tahun di bulan Mei, setelah kenaikan 4,6 persen di bulan April. Kemudian harga rumah di Inggris naik 0,5 persen tahun ke tahun di bulan Juni, menyusul kenaikan 0,6 persen di bulan Mei, data dari Nationwide Building Society.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here