Bursa Amerika Rayakan Kemerdekaan, Bursa Saham Eropa Masih Bergerak Kuat

669

(Vibiznews – Index) – Perdagangan Saham Eropa bergerak lebih tinggi untuk sesi keenam berturut-turut pada hari Kamis(04/07), namun secara keseluruhan tetap terbatas di tengah liburan Hari Kemerdekaan di AS.

Sentimen positif tetap didukung harapan penurunan suku bunga Fed dan di tengah berita bahwa perwakilan utama dari Amerika Serikat dan Cina berencana untuk melanjutkan pembicaraan minggu depan untuk mencoba menyelesaikan perang perdagangan selama setahun antara dua ekonomi terbesar dunia.

Sementara itu, Komisi Eropa telah memutuskan untuk menahan tindakan disipliner terhadap Italia atas kebijakan fiskal setelah pemerintah di Roma menawarkan komitmen baru untuk memotong defisit secara perlahan.

Di sisi data, Eurostat melaporkan penjualan ritel Zona Euro menurun secara tak terduga di bulan Mei karena omset yang lemah dalam makanan dan bahan bakar otomotif. Turun 0,3 persen bulan ke bulan di bulan Mei, menyusul penurunan 0,1 persen di bulan April. Penjualan diperkirakan tumbuh 0,3 persen.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 sedikit lebih tinggi di 392,63 setelah naik 0,9 persen di sesi sebelumnya. Indeks DAX Jerman dan CAC 40 Prancis bertahan stabil, sementara FTSE 100 dari Inggris bergerak naik 0,1 persen.

Saham Glencore merosot 0,7 persen setelah raksasa pertambangan itu mengkonfirmasi bahwa angkatan bersenjata Republik Demokratik Kongo berada di sekitar operasi anak perusahaan perusahaan itu, Perusahaan Tembaga Kamoto.

Saham perusahaan suku cadang mobil Prancis, Valeo, melonjak 2,1 persen setelah dilaporkan mengantongi pesanan senilai 500 juta euro ($ 564 juta) untuk produk sensor mobil ‘Lidar’.

Saham Deutsche Bank sedikit lebih rendah pada laporan Reuters bahwa pemberi pinjaman Jerman sedang mempersiapkan perbaikan 5 miliar euro ($ 5,6 miliar) dalam beberapa hari mendatang.

Saham perusahaan produsen penerangan Osram menguat 2,2 persen untuk memperpanjang keuntungan dari sesi sebelumnya setelah perusahaan mengatakan telah menerima tawaran pengambilalihan 3,4 miliar euro ($ 3,84 miliar) dari Bain dan Carlyle.

Saham pembangun rumah Inggris, Persimmon, turun 0,8 persen setelah total pendapatannya untuk enam bulan pertama 2019 turun menjadi 1,754 miliar pound dari 1,836 miliar pound tahun lalu.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here