EUR/USD Turun Tajam Setelah Rilis Data NFP AS.

367

(Vibiznews-Forex) Pasangan matauang EUR/USD mencapai dasar pada hari Jumat di 1.1205, level terendah dalam 2 minggu. Area diatas 1.200 menjadi “support” bagi pasangan matauang ini yang mengalami kejatuhan setelah keluarnya laporan NFP AS.

Laporan “employment” muncul lebih baik daripada yang diperkirakan dan dengan demikian menurunkan ekspektasi akan pemangkasan tingkat bunga oleh Federal Reserve pada bulan Juli ini. Angka pekerjaan juga mendorong imbal hasil pekerjaan AS naik, dan harga-harga saham turun. Dolar AS melompat diseluruh tempat. DXY naik 0.56% di 97.30, dalam perjalanannya ke level tertinggi sejak bulan Juni 18.

Pada hari Jumat EUR/USD menambah kerugiannya. Pada hari Senin minggu lalu, pasangan matauang ini jatuh setelah persetujuan diantara AS dengan Cina mengenai pembicaraan perdagangan. Setelah bergerak “sideways” selama tiga hari disekitar 1.1280, menembus batas bawah dan jatuh. Pada saat sekarang diperdagangkan disekitar 1.1220, 150 pips dibawah level dua minggu lalu, performance mingguan terburuk bagi Euro sejak bulan Maret.

Minggu ini kebijakan moneter kemungkinan akan menjadi penggerak kunci. The Fed dan ECB akan mempublikasikan risalah dari pertemuan yang terakhir. Selain itu, Powell akan menyampaikan testimoni “semi-annual” di Kongres.

Secara tehnikal, penurunan lebih lanjut dari pasangan matauang ini akan bertemu dengan “support” awal di 1.1195 yang apabila terlewati akan lanjut 1.1163 dan kemudian 1.1088. Sebaliknya kenaikannya akan berhadapan dengan “resistance” awal di 1.1270 yang apabila terlewati akan lanjut ke 1.1314 dan kemudian 1.1389.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here