GBP/USD Jatuh Ke Kerendahan Baru 2 ½ Minggu, 1.2500 Setelah NFP AS

216

(Vibiznews-Forex) Pasangan matauang GBP/USD mempertahankan posisinya pada awal sesi Amerika Utara dan kemudian jatuh ke kerendahan baru selama 2 ½ minggu sebagai reaksi terhadap angka NFP yang bagus.

Laporan pekerjaan bulanan AS menunjukkan bahwa ekonomi AS menambah 224.000 pekerjaan baru pada bulan Juni, mengatasi perkiraan konsensus sebesar 160.000 dengan jumlah kelebihan yang besar dan jauh lebih tinggi daripada penurunan bulanan sebelumnya sebesar 72.000.

Data tersebut cukup kuat untuk menghilangkan kenaikan dari tingkat pengangguran ke 3.7% dari sebelumnya 3.6% dan data pertumbuhan upah yang stabil, menunjukkan bahwa upah rata-rata perjam pada bulan Juni meningkat 0.2% dibandingkan dengan yang diantisipasikan sebanyak 0.3%.

Laporan ini kemungkinan bisa memaksa para investor untuk menimbang kembali ekspektasi untuk siklus pelonggaran yang akan segera dikeluarkan oleh the Fed, yang terbukti dari naiknya tiba-tiba imbal hasil obligasi Treasury AS dan dengan demikian memberikan dorongan naik yang bagus buat dolar AS.

Dengan latarbelakang dari semakin meningkatnya ketakutan akan Brexit yang tanpa kesepakatan – yang dibakar lebih jauh oleh komentar Boris Johnson pada hari Jumat, membuat tekanan yang berat dan menyeret pasangan matauang kembali mendekati ke kerendahan selama beberapa bulan.

Pasangan matauang ini jatuh ke dekat batas psikologis 1.2500, yang apabila tertembus seharusnya akan membuka ruang untuk penurunan jangka pendek yang lebih jauh ditengah ketidakpastian ekonomi dan politik Inggris yang persisten.

Pasangan matauang ini tetap berada pada tekanan turun mengakhiri minggu, membukukan kerugian selama dua minggu berturut-turut dan kemungkinan mencatat kerendahan penutupan mingguan sejak awal April 2017 atau lebih dari dua tahun.

Secara tehnikal, penurunan lebih lanjut akan berhadapan dengan “support” awal di 1.2477 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.2426 dan kemudian 1.2319. Sebaliknya kenaikan dari pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “resistance” awal di 1.2591 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2604 dan kemudian 1.2615.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here