Harga Emas Jatuh Mendekati $1.400 Karena Data Pekerjaan AS Yang Lebih Kuat

333

(Vibiznews-Commodity) Harga emas turun solid pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Jumat dan telah memperpanjang kerugian yang moderat semalam setelah laporan “employment” AS yang bagus.

Laporan “employment” bulanan AS menunjukkan bahwa ekonomi AS menambah 224.000 pekerjaan baru pada bulan Juni, mengatasi perkiraan konsensus sebesar 160.000 dengan jumlah kelebihan yang besar dan jauh lebih tinggi daripada penurunan bulanan sebelumnya sebesar 72.000.

Data tersebut cukup kuat untuk menghilangkan kenaikan dari tingkat pengangguran ke 3.7% dari sebelumnya 3.6% dan data pertumbuhan upah yang stabil, menunjukkan bahwa upah rata-rata perjam pada bulan Juni meningkat 0.2% dibandingkan dengan yang diantisipasikan sebanyak 0.3%.

Laporan ini kemungkinan bisa memaksa para investor untuk menimbang kembali ekspektasi untuk siklus pelonggaran yang akan segera dikeluarkan oleh the Fed, yang terbukti dari naiknya tiba-tiba imbal hasil obligasi Treasury AS dan dengan demikian memberikan dorongan naik yang bagus buat dolar AS.

Laporan pekerjaan AS yang naik dengan signifikan ini menambah kemungkinan tidak adanya pemangkasan tingkat bunga oleh Federal Reserve pada bulan Juli.

Pasar saham Asia dan Eropa bercampur pada perdagangan yang lebih tenang Jumat malam. Indeks saham AS mengarah ke penurunan sedikit pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Hal kunci diluar pasar emas adalah harga minyak mentah Nymex yang melemah dan diperdagangkan disekitar pas dibawah 57.00 per barel. Sementara, indeks dolar AS naik pada awal perdagangan Amerika Serikat.

Minggu ini kebijakan moneter kemungkinan akan menjadi penggerak kunci. The Fed dan ECB akan mempublikasikan risalah dari pertemuan yang terakhir. Selain itu, Powell akan menyampaikan testimoni “semi-annual” di Kongres.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,442.90 setelah melewati $1,410.00 dan kemudian $1,420.00. Sebaliknya obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,384.70 setelah melewati $1,396.80 dan kemudian $1,390.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here