Bisnis Ritel Indonesia Bulan Mei-Juni Dilaporkan Meningkat, Juli-Agustus Menurun

792

(Vibiznews-Economy) – Bank Indonesia pada hari Selasa (09/07) melaporkan  data penjualan ritel periode bulan Mei yang membukukan  peningkatan dari bulan sebelumnya yang jatuh dari posisi .

Bedasarkan Survei Penjualan Eceran Mei 2019 yang dilakukan BI, maka Indeks Penjualan Riil (IPR) Mei 2019 tumbuh 7,7% (yoy), lebih tinggi dibandingkan 6,7% (yoy) pada April 2019. Peningkatan penjualan ritel terjadi pada sebagian besar kelompok sandang, suku cadang dan aksesoris mobil, kelompok pangan yang menguat masing-masing 43,9%, 25,4%, dan 6,4%.


source: tradingeconomics.com

Menurut survey Bank Indonesia, meningkatnya data penjualan ritel pada bulan Mei dipengaruhi oleh permintaan yang meningkat selama bulan Ramadan dan menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri.

Sedangkan pada bulan Juni 2019, penjualan ritel diperkirakan masih tumbuh meningkat. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan IPR Juni 2019 yang sebesar 2,2% (yoy), yang ditopang oleh kelompok Suku Cadang dan Aksesori dan subkelompok Sandang. Alasannya sejalan dengan kembali normalnya permintaan pasca bulan Ramadan dan perayaan Hari Raya Idulfitri.

Namun untuk proyeksi penjualan ritel dalam 3 bulan berikutnya menurut survey BI diperkirakan akan menurun hingga pada bulan Agustus 2019. Tercermin dalam  Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan  akan datang sebesar 138,3, yang lebih rendah dibandingkan 160,5 pada bulan sebelumnya.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here