EUR/USD Lompat Ke 1.1250 Dengan Powell Membuka Pintu Terhadap Pemangkasan Suku Bunga

243

(Vibiznews-Forex) EUR/USD diperdagangkan disekitar 1.1250, naik secara signifikan. Gubernur Federal Reserve Jerome Powell telah berkata outlook meredup dengan badai global dan inflasi yang rendah membebani perekonomian AS. ECB juga bersiap untuk melonggarkan kebijakannya.

Waktu menunggu dan rentang trading yang membuat frustrasi telah hampir berakhir. Gubernur Federal Reserve Jerome Powell memberikan testimoni di depan House Financial Services Committee, membuka pintu bagi pemotongan suku bunga.

Pasar obligasi memperhitungkan dalam harga pemotongan suku bunga sebesar 25 basis poin pada akhir bulan Juli ini – namun tidak pasti kedepan selanjutnya. Ekspektasi untuk pemotongan suku bunga sdua kali lipat sebesar  50 basis poin telah menurun setelah AS melaporkan kenaikan pekerjaan secara impresif sebanyak 224.000 pada bulan Juni. The Fed kemungkinan tidak akan tergesa-gesa untuk menurunkan suku bunga jika mereka melihat ekonomi AS yang bagus.

Skenario “baseline” adalah pasar memperkirakan Powell akan mengkonfirmasi untuk “insurance cut” pada bulan Juli – satu kali penurunan suku bunga untuk menghadapi badai perekonomian global. Dolar AS akan bergoncang karena konfirmasi yang sedemikan namun tidak akan ada pergerakan yang signifikan yang mungkin terjadi.

Di sisi lainnya, pejabat European Central Bank (ECB) telah mengulangi keprihatinan mereka juga terhadap rendahnya inflasi dan pertumbuhan menjelang keputusan ECB pada tanggal 25 Juli. ECB kemungkinan cenderung bertindak secepat mungkin menjelang perkiraan ekonomi yang baru yang akan keluar pada bulan September.

Apabila naik lagi, pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “resistance” awal di 1.1270 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1320 dan kemudian 1.1350. Sebaliknya apabila turun, akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.1195 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1145 dan kemudian 1.1125.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here