GBP/USD Lompat Diatas 1.2500 Setelah Komentar Powell Yang Dovish

1153

(Vibiznews-Forex) GBP/USD diperdagangkan diatas 1.2500 setelah Gubernur Federal Reserve AS Jerome Powell membuka pintu terhadap pemotongan tingkat suku bunga. Sebelumnya, GDP Inggris naik 0.3% sebagaimana yang telah diperkirakan.

GBP/USD hampir saja tidak berhasil lolos dari jurang yang dalam yang mencapai kerendahan selama dua tahun lebih – namun tidak ada bahaya yang menunggu. Campuran kekuatiran di sekitar  Brexit pada hari Selasa telah mengirim poundsterling ke 1.2439 – hanya satu pip diatas kerendahan tahun 2019 di 1.2438 yang dicatat pada bulan Januari 2019. Kejatuhan ke 1.2437 akan mewakili level terendah sejak tahun 2017.

Namun, data kemarin telah memberikan alasan untuk pemulihan yang sangat dibutuhkan. Angka GDP bulan Mei muncul pada 0.3%  – sebagaimana yang diperkirakan – dan hal ini cukup untuk memercik kenaikan yang lebih tinggi.

Boris Johnson dan Jeremy Hunt – yang sedang bertarung untuk menjadi Perdana Menteri – telah terlibat dalam perdebatan di televise. Johnson menekankan pentingnya meninggalkan Uni Eropa pada tenggat waktu tanggal 31 Oktober dan membuka pintu dengan mem-bypass parlemen.

Sementara itu, Dewan Rakyat mengambil suara untuk mendapatkan peraturan yang bisa mencegah pemerintah dari mem-bypass Parlemen – pertempuran masih jauh dari selesai.

Johnson menolak untuk membuat komitmen berhenti jika tidak membawa Inggris keluar dari Uni Eropa pada tenggat waktu yang telah diberikan. Bekas menteri luarnegeri ini terus memimpin polling dan kemungkinan akan masuk ke Downing Street 10 pada akhir bulan Juli.

Apabila berlanjut naik, pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “resistance” awal di 1.2560 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2605 dan kemudian 1.2646. Sebaliknya apabila turun akan berhadapan dengan “support” awal di 1.2480 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2439 dan kemudian 1.2360.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here