Saham Deutsche Bank Masih Merana di tengah Keuntungan Bursa Eropa

364

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa naik pada perdagangan hari Kamis (11/07) yang menghentikan penurunan secara beruntun empat hari sebelumnya, oleh sentimen positif pasar merespon isyarat yang disampaikan Ketua Federal Reserve Jerome Powell di hadapan Kongres AS semalam bahwa bank sentral AS kemungkinan akan segera menurunkan suku bunganya.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,3 persen menjadi 388,32 setelah menurun 0,2 persen di sesi sebelumnya. Indeks DAX Jerman dan FTSE 100 Inggris  naik sekitar 0,2 persen, sementara itu  indeks CAC 40 Prancis naik 0,4 persen.

Saham-saham energy  bergerak lebih tinggi karena harga minyak mencapai tertinggi tujuh minggu, seperti saham BP Plc naik 0,8 persen, Total SA naik 1,1 persen dan Tullow Oil naik 1,3 persen.

Saham Ryanair Holdings turun 1,2 persen setelah bos maskapai itu memperingatkan pada hari Rabu bahwa grounding Boeing 737 MAX yang berkepanjangan mungkin membebani rencana pertumbuhan maskapai.

Saham Deutsche Bank yang telah ambruk parah pasca pemberitaan rencana pemecatan 18000 karyawannya diseluruh dunia, kini turun lagi  0,2% Kamis pagi. Para pemegang saham akan bertemu pertanyakan kemampuan Kepala eksekutif perusahaan memenuhi target pertumbuhan pendapatan.

Untuk berita ekonomi dari Eropa,  Laporan Stabilitas Keuangan Bank Inggris pada hari ini menyarankan bahwa bank-bank Inggris memiliki cukup modal untuk menghadapi risiko simultan Brexit yang tidak bersepakat dan perang dagang global, tetapi memperingatkan bahwa penurunan investasi luar negeri ke dalam beberapa aset Inggris karena Brexit memang menimbulkan risiko bagi ekonomi.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here