EUR/USD Memperpanjang Penurunan, Mendekati Angka 1.1200

319

(Vibiznews-Forex) Matauang bersama Eropa terpukul oleh spekulasi ECB yang akan menambah pelonggaran dan Business Sentiment Jerman jatuh lebih daripada yag diantisipasikan. Data Penjualan Eceran AS yang bagus membuat pasangan matauang ini turun lebih jauh ke angka 1.1200.

Matauang bersama Eropa sedang berada di dalam tekanan jual, dibebani data lokal yang lemah. Penurunan pasangan matauang EUR/USD juga bertambah dengan keluarnya data penjualan ritel AS yang lebih baik daripada yang diperkirakan. Sebelumnya pasangan matauang ini diperdagangkan disekitar 1.1220 menjelang rilis data-data terakhir, setelah komentar Francois Villeroy dari ECB yang mengatakan bahwa mandat dari bank sentral tidak ada urusannya dengan nilai tukar matauang dan menambahkan bahwa kebijakan moneter tidak bisa melakukan segala sesuatu. Selain itu, survei ZEW Jerman menunjukkan sentimen di negara itu turun menjadi – 24.5, lebih buruk daripada yang diantisipasikan, mengirim imbal hasil obligasi pemerintah lokal mendekati rekor kerendahan.

Penjualan ritel AS naik 0.4% pada bulan Juni, jauh lebih baik daripada yang diantisipasikan sebesar 0.1%, sementara angka inti, penjualan ritel “sales control group” meningkat 0.7% dibandingkan dengan 0.3% yang diperkirakan. Angka yang kuat ini terus memberikan indikasi bahwa meskipun bank sentral AS ingin mengeluarkan stimulus moneter, keperluannya menjadi terbatas.

Penurunan lebih lanjut dari pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “support” awal di 1.1180 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1150 dan kemudian 1.1110. Sedangkan kenaikannya akan berhadapan dengan “resistance” awal di 1.1245 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1280 dan kemudian 1.1310.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here