Inflasi Inggris Bulan Juni Bertahan di 2 Persen

823

(Vibiznews – Economy & Business) Laporan dari Kantor Statistik Nasional (ONS) Inggris menunjukkan Indeks Harga Konsumen (CPI) untuk tingkat inflasi 12 bulan adalah 2 persen pada Juni, tidak berubah dari Mei.

Angka tersebut berarti pekerja masih mendapatkan keuntungan dari kenaikan upah riil karena pendapatan tumbuh sebesar 3,6 persen per tahun pada kuartal terakhir.

ONS mengatakan kontribusi penurunan terbesar ke tingkat 12-bulan antara Mei dan Juni 2019 berasal dari bahan bakar motor, layanan akomodasi dan listrik, gas dan bahan bakar lainnya, dengan harga di setiap kategori turun antara Mei dan Juni 2019. Kontribusi terbesar mengimbangi kenaikan berasal dari pakaian dan makanan.

Mike Hardie, kepala inflasi di ONS, mengatakan bahwa tingkat keseluruhan inflasi tetap stabil, tanpa perubahan kecepatan bulan ini. Harga bensin dan solar jatuh tahun ini tetapi naik setahun yang lalu, sementara harga pakaian turun kurang dari tahun lalu.

Indeks Harga Konsumen termasuk biaya perumahan pemilik hunian (CPIH) tingkat inflasi 12 bulan berdiri di 1,9 persen pada Juni 2019, tidak berubah dari Mei 2019.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here