Emas Menyentuh Ketinggian Baru Selama Seminggu, Berada di $1,443,80

214

(Vibiznews-Commodity) Harga emas telah terdorong naik ke ketinggian harian mendekati pertengahan hari Kamis dan juga menyentuh ketinggian baru selama seminggu. Para trader sekai lagi melangkah masuk untuk membeli turunnya harga emas dengan grafik harian dari emas tetap sepenuhnya “bullish”. Harga emas segera mencapai ketinggian bulan Juni di $1,442.90 atau lebih. Emas berjangka bulan Agustus pada hari Kamis kemarin terakhir naik $4.60 pada $1,427.90.

Kenaikan harga emas berlanjut dengan melemahnya dolar AS diseluruh tempat. Dolar AS mendapatkan tekanan oleh pernyataan dari  International Monetary Fund (IMF) pada hari Rabu yang mengatakan bahwa matauang AS sudah “overvalue” sebanyak 6% sampai 12% berdasarkan fundamental ekonomi jangka pendek.

Dolar AS mendapatkan tekanan jual lebih lanjut setelah komentar dari pejabat the Fed Williams. Williams menyebutkan bahwa adalah lebih baik untuk mengambil langkah pencegahan mengenai tingkat suku bunga daripada menunggu sampai terjadinya malapetaka.

Setelah komentar William, imbal hasil AS jatuh ke kerendahan harian, dan dolar AS berbalik arah turun tajam, setelah menyentuh ketinggian selama satu minggu karena data penjualan eceran AS yang bagus.

Imbal hasil obligasi Treasury AS sedang menghadapi tekanan turun yang disebabkan oleh semakin dekatnya pemangkasan tingkat bunga oleh the Fed dan akhirnya merusak permintaan terhadap “greenback”.

Saham Asia dan Eropa kebanyakan melemah semalam karena laporan penghasilan AS yang sebagian mengecewakan. Indeks saham AS mengarah melemah pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai, karena sebagian aksi ambil untung setelah menyentuh rekor ketinggian kontrak sebelumnya minggu ini.

Ada juga penurunan ekspektasi bahwa AS dan Cina akan bisa mencapai kesepakatan perdagangan segera kapan saja, setelah retorika menurun belakangan ini dari kedua belah pihak. Laporan mengatakan Cina menuntut AS untuk memperlonggar restriksinya terhadap raksasa tehnologi Cina Huawei. Situasi ini telah sedikit menghalangi kenaikan pasar saham global dan sedikit mendukung emas dan perak yang “safe-haven”.

Hal kunci lainnya diluar pasar emas adalah harga minyak mentah Nymex dan diperdagangkan disekitar $57.00 per barel.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,503.34 setelah melewati $1,457.78 dan kemudian $1,469.79. Sementara obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,400.00 setelah melewati $1,424.23 dan $1,402.68.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here