EUR/USD Lompat Diatas 1.1250 Dengan Tumbangnya Dolar AS

229

(Vibiznews-Forex) EUR/USD memperpanjang pergerakan naiknya sampai jam terakhir kemarin malam, ditengah turunnya dolar AS diseluruh tempat.

Dolar AS mendapatkan tekanan oleh pernyataan dari  International Monetary Fund (IMF) pada hari Rabu yang mengatakan bahwa matauang AS sudah “overvalue” sebanyak 6% sampai 12% berdasarkan fundamental ekonomi jangka pendek.

Imbal hasil obligasi Treasury AS sedang menghadapi tekanan turun yang disebabkan oleh semakin dekatnya pemangkasan tingkat bunga oleh the Fed dan akhirnya merusak permintaan terhadap “greenback”.

Sebelumnya pasangan matauang ini sempat terlebih dahulu jatuh setelah laporan dari Bloomberg yang menyebutkan bahwa European Central Bank sedang mempertimbangkan untuk memodifikasikan target inflasinya. Matauang bersama masih turun selama hari kemarin dibandingkan dengan rival Eropanya.

Setelah menyentuh ketinggian selama satu minggu karena data penjualan eceran AS yang bagus, dolar AS mengubah arahnya dan dipandang sebagai salah satu faktor kunci yang menambah pemulihan, setelah komentar dari pejabat the Fed Williams. Williams menyebutkan bahwa adalah lebih baik untuk mengambil langkah pencegahan mengenai tingkat suku bunga daripada menunggu sampai terjadinya malapetaka.

Setelah komentar William, imbal hasil AS jatuh ke kerendahan harian, dan dolar AS berbalik arah turun tajam. EUR/USD mencetak ketinggian harian baru diatas 1.1250.

Secara tehnikal, kenaikan lebih lanjut dari pasangan matauang ini akan bertemu dengan “resistance” awal di 1.1268 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.1270 dan 1.1285. Sebaliknya apabila turun, maka akan berhadapan dengan “support” awal di 1.1245 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.1230 dan kemudian 1.1200.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here