GBP/USD Diatas 1.2500, Bullish Memegang Kendali

217

(Vibiznews-Forex) Sterling mendapatkan dukungan dari Penjualan Ritel Inggris yang lebih baik daripada yang diperkirakan, dengan kemajuan GBP/USD juga dibantu oleh turunya permintaan terhadap “greenback”. Namun ketidakpastian Brexit membatasi potensi “bullish” dari pasangan matauang ini.

Pasangan matauang GBP/USD membangun kebangkitannya dari level 1.2400, kerendahan selama 27 bulan dan melanjutkan daya tarik positipnya selama sesi Eropa pada hari Kamis kemarin. Setelah menyentuh ketinggian selama satu minggu karena data penjualan eceran AS yang bagus, dolar AS mengubah arahnya dan dipandang sebagai salah satu faktor kunci yang menambah pemulihan yang terus berlangsung untuk sesi kedua berturut-turut.

Imbal hasil obligasi Treasury AS sedang menghadapi tekanan turun yang disebabkan oleh semakin dekatnya pemangkasan tingkat bunga oleh the Fed dan akhirnya merusak permintaan terhadap “greenback”.

Dolar AS mendapatkan tekanan lebih jauh oleh pernyataan dari  International Monetary Fund (IMF) pada hari Rabu yang mengatakan bahwa matauang AS sudah “overvalue” sebanyak 6% sampai 12% berdasarkan fundamental ekonomi jangka pendek.

Selain itu, Poundsterling Inggris juga mendapatkan sedikit dorongan naik setelah kepala negosiator Brexit dari Uni Eropa Michel Barnier berkomentar, menunjukkan kesiapan untuk bekerja dengan pengaturan alternatif untuk perbatasan Irlandia. Hal ini diikuti oleh rilis angka  penjualan ritel bulanan Inggris yang bagus dan tetap memberikan dukungan sehingga angka EUR/USD bergerak kembali ke atas batas psikologi 1.2500.

Penjualan ritel umum Inggris yang keluar membalikkan penurunan 0.6% sebelumnya dan membukukan pertumbuhan yang kuat sebesar 1.0% pada bulan Juni dibandingkan dengan perkiraan konsensus yang menunjuk kepada penurunan lebih jauh sebesar 0.3%. Ditambah lagi, penjualan ritel inti – yang mengeluarkan bahan bakar, naik 0.9% selama bulan yang dilaporkan dibandingkan dengan perkiraan penurunan 0.2% dan – 0.4% dari sebelumnya.

Secara tehnikal, pemulihan lebih lanjut dari pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “resistance’ awal di 1.2575 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2600 dan kemudian 1.2650.  Sebaliknya penurunan dari pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “support” awal di 1.2500 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2455 dan kemudian 1.2400.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here