Pengumuman Bos Barunya BMW Sumbang Kekuatan Bursa Eropa Akhir Pekan

554

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa dibuka menguat pada perdagangan akhir pekan hari Jumat (19/07) oleh sentimen positif investor menyambut komentar dovish oleh pejabat tinggi Fed serta berita Microsoft melaporkan pendapatan $125,8 miliar untuk tahun fiskal 2019 yang merupakan  rekor tahun fiskal baru bagi perusahaan.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,3 persen pada 388,03 setelah menurun 0,2 persen pada sesi sebelumnya. Indeks DAX Jerman dan CAC 40 Prancis bergerak turun sekitar 0,4 persen, sedangkan FTSE 100 Inggris naik 0,2 persen.

Saham pemilik Budweiser Anheuser-Busch InBev melonjak 4,4 persen setelah mengumumkan penjualan anak perusahaannya di Australia sebesar A $ 16 miliar ($ 11,3 miliar). Demikian saham pembuat mobil Jerman BMW naik 1 persen setelah mengumumkan Oliver Zipse sebagai chief executive baru.

Saham reasuransi Munich Re naik 2 persen setelah perusahaan mengatakan mereka mengharapkan hasil konsolidasi kuartal kedua menjadi sekitar 1 miliar euro sebagai hasil dari pengeluaran kerugian besar yang rendah dan rilis cadangan tinggi untuk kerugian dasar dalam reasuransi dari tahun-tahun sebelumnya.

Saham Acacia Mining melonjak 19 persen setelah perusahaan mengumumkan bahwa mereka telah mencapai penawaran yang direkomendasikan, di mana Barrick Gold Corp. akan mengakuisisi semua saham Acacia yang belum dimiliki.

Di sisi rilis data ekonomi, defisit anggaran Inggris membengkak pada periode bulan Juni yang merupakan defisit tertinggi sejak 2015 di Juni,  sementara itu surplus akun berjalan kawasan euro naik ke EUR30 miliar  di bulan Mei dari EUR22 miliar di April.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here