EUR/USD Menantang Kerendahan Harian Dekat 1.1210

363

(Vibiznews-Forex) Matauang bersama Eropa sekarang kehilangan keuntungan awalnya dan berada pada tekanan jual yang baru, menyeret EUR/USD ke kerendahan harian baru di area 1.1220.

Ekstra tekanan turun datang setelah anggota FOMC J Bullard mengejutkan pasar dengan mengatakan bahwa pemangkasan tingkat bunga 25 basis poin nampaknya cocok dengan kondisi ekonomi AS sekarang ini, secara praktis menghancurkan pemangkasan yang lebih besar pada pertemuan bulan Juli.

Sebagai tambahan, kelemahan ekstra dari EUR datang dari Itali setelah pemimpin Lega Nord M. Salvini berkata dia akan ketemu partner koalisi L. Di Maio menghadapi meningkatnya rumor dari krisis pemerintahan dan kemungkinan pemilihan tiba-tiba.

Pasangan matauang EUR/USD menemukan “support” menjelang level 1.1200 dan pulih kembali dari kerugian intraday, walaupun tetap pada jalur menutup hari dengan warna merah.

Matauang bersama Eropa terus diperdagangkan dekat kerendahan harian dengan adanya laporan dari majalah berita Jerman, Der Spiegel, yang mengatakan European Central Bank (ECB) berencana untuk segera mengeluarkan program pembelian obligasinya pada  bulan November. Dimulainya kembali program pelonggaran ECB ditujukan untuk mendukung ekonomi zona Euro lewat investasi dan konsumsi yang lebih tinggi. Majalah ini juga melaporkan ECB sedang mempertimbangkan rencana yang bisa menaikkan biaya atas dana-dana yang diparkir di bank pada bank sentral, agar supaya bisa mendorong peminjaman.

Pasar masih terus mencerna komentar yang mengejutkan dari anggota the Fed James Bullard.

Secara tehnikal, apabila naik pasangan matauang ini akan bertemu dengan “resistance” awal di 1.1225 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1286 dan kemudian 1.1317. Apabila turun, akan bertemu dengan “support” awal di 1.1193 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1181 dan kemudian 1.1106.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here