Bank Berlomba Layani Pembukaan Rekening Secara Online

861

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Di era digital saat ini semua usaha maupun aktivitas semua berlomba mengarah menggunakan digital, supaya  tidak ketinggalan zaman. Sejak diterbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.18/17/PBI/2016 yang bertujuan meningkatkan kemudahan pada Layanan Keuangan Digital (LKD), perbankan terus berlomba-lomba meluncurkan layanan pembukaan rekening secara online (daring). Selain memudahkan layanan bagi nasabah, fitur tersebut merupakan nilai tambah yang diandalkan bank untuk menjaring lebih banyak nasabah.

Ada beberapa bank besar di Indonesia yang sudah atau yang sedang dalam proses mengembangkan fitur ini, yaitu:

  1. PT Bank CIMB Niaga Tbk sedang mengembangkan fitur ini dalam proses penyempurnaan know your customer (KYC) melalui video dan berencana meluncurkannya dalam waktu dekat.  Meski belum dirilils, fitur pembukaan rekening secara online sudah ada di aplikasi Go Mobile CIMB Niaga. Demikian informasi yang diperoleh dari Direktur Konsumer Bank CIMB Niaga Lani Darmawan.

Aplikasi Go Mobile diproyeksikan oleh CIMB Niaga untuk menjadi super app. Bukan cuma pembukaan rekening secara daring, aplikasi tersebut juga ke depannya berfungsi sebagai dompet digital hingga pengajuan kredit konsumsi.

  1. PT Bank Central Asia Tbk yang sudah terlebih dahulu meluncurkan layanan serupa menyatakan, mengakuisisi banyak nasabah secara daring.Sejak dirilis Maret yang lalu BCA sudah memperoleh 100.000 rekening baru melalui pembukaan rekening lewat mobile banking (MBCA), demikian informasi dari Sekretaris Perusahaan BCA.
  2. Lain halnya dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk yang telah berhasil mengakuisisi banyak nasabah baru melalui pembukaan rekening secara online, khususnya dari kalangan anak muda. Perlu diketahui sejak launching sampai Juni 2019, sudah ada 10.000 lebih rekening yang dilakukan pembukaan melalui aplikasi Brimo,” ungkap Direktur Konsumer BRI Handayani. Melalui aplikasi BRImo dapat dibuka Tabungan BRI BRitAma Muda.

Dua bank besar lainnya yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk dan PT Bank Mandiri Tbk juga berencana melakukan inovasi serupa dalam waktu dekat. Bank Mandiri menargetkan merilis fitur itu dua bulan usai lebaran.

 

 

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting

Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here