Bursa Eropa Bergerak Naik Menjelang Pemilihan Perdana Menteri Baru Inggris

957

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada Selasa (23/07), mengabaikan kekhawatiran bahwa perdana menteri baru Inggris dapat menyebabkan negara itu keluar dengan tanpa kesepakatan dari Uni Eropa.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik sekitar 0,6%, dengan saham mobil melonjak 2,6% untuk memimpin kenaikan sementara saham perjalanan dan liburan turun 0,4% sebagai salah satu dari hanya dua sektor yang merah.

Indeks FTSE 100 naik 0.78%. Indeks DAX Jerman melonjak 1.12%. Indeks CAC Perancis menguat 0.47%.

Partai yang berkuasa di Inggris akan mengumumkan bahwa salah satu mantan walikota London Boris Johnson – secara luas dianggap sebagai favorit kuat untuk memasuki Downing Street – atau Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt akan berhasil menjadi pemimpin dan perdana menteri baru.

Hasil pemungutan suara selama sekitar berminggu-minggu sekitar 160.000 anggota Partai Konservatif dijadwalkan akan diumumkan tak lama sebelum tengah hari, dengan pemenang ditetapkan untuk secara resmi menjadi perdana menteri pada hari Rabu.

Beberapa pelaku pasar khawatir Johnson dapat menarik Inggris keluar dari blok pada 31 Oktober tanpa kesepakatan perdagangan untuk menenangkan anggota partai anti-Uni Eropa garis keras.

Johnson bersikeras bahwa Inggris harus meninggalkan Uni Eropa pada batas waktu 31 Oktober “apa pun yang terjadi,” sementara Hunt mengatakan dia akan siap untuk menunda proses penarikan lebih jauh, jika diperlukan, untuk mengamankan kesepakatan pemisahan baru.

Di tempat lain, saham global tampaknya menerima dukungan dari ekspektasi bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) dan Federal Reserve dapat segera memangkas suku bunga.

ECB diperkirakan memangkas suku bunga sebesar 10 basis poin pada hari Kamis, dengan bank sentral AS diperkirakan akan menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada akhir bulan.

Saham pembuat chip melonjak pada hari Selasa, dipimpin oleh pemasok Apple AMS, yang melihat sahamnya naik 8,7% setelah mengalahkan pendapatan dan mengeluarkan panduan optimis untuk kuartal ketiga 2019.

Saham pembuat suku cadang mobil Prancis Faurecia naik 7,6% setelah meleset dari ekspektasi tetapi mempertahankan profitabilitas semester pertama meskipun penurunan produksi mobil yang dipimpin China, sementara sesama pembuat suku cadang Hella dan Valeo keduanya melonjak lebih dari 4%, mendorong sektor otomotif Eropa lebih tinggi . BMW juga naik 3,9% setelah Morgan Stanley meningkatkan sahamnya.

Pembuat komponen komputer Logitech juga naik 6,5% didukung pendapatan kuartal pertama yang lebih baik dari perkiraan.

Saham-saham Bank juga tinggi dalam agenda, dengan saham UBS diperdagangkan 1% lebih tinggi dalam kesepakatan awal setelah raksasa Swiss itu mengalahkan perkiraan dengan laba bersih kuartal kedua sebesar $ 1,4 miliar. Saham Santander naik lebih dari 2% setelah sedikit mengalahkan ekspektasi meskipun laba bersih turun 18% karena biaya restrukturisasi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa saham Eropa bergerak positif dengan meningkatnya optimisme pemangkasan suku bunga oleh ECB dan The Fed AS. Laporan pendapatan emiten juga akan dicermati, yang jika hasilnya dominan positif akan mengangkat bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here