EUR/USD Bertahan Di Merah, Penurunan Mengarah Ke 1.1106

397

(Vibiznews-Forex) Momentum positip dari matauang Amerika memimpin arah dari pasangan matauang dunia. EUR/USD memperpanjang penurunannya dibawah 1.1180 mengarah ke rendahan tahunan pada 1.1106.

Tekanan “bearish” disekitar EUR/USD meningkat pada paruh kedua hari kemarin, menyeret pasangan matauang ini ke level terendah sejak 31 Mei. Saat ini pasangan matauang ini diperdagangkan pada 1.1145.

Menguatnya USD secara luas nampaknya menjadi penyetir pergerakan harga pada hari Selasa kemarin. Setelah membukukan keuntungan yang solid pada dua hari perdagangan terakhir, indek dolar AS memperpanjang rallynya mencapai ketinggian 5 minggu baru di 97.71. Walaupun data makro ekonomi yang dirilis pada hari kemarin dari AS menggambarkan gambaran yang bercampur, naiknya imbal hasil dari Treasury AS nampaknya memberikan dorongan terhadap “greenback”.

The Philly Fed’s Non-Manufacturing Index AS membaik menjadi 21.4 pada bulan Juli dari 8.2 pada bulan Juni menunjukkan ekspansi yang kuat di aktifitas bisnis sektor jasa regional tersebut. Sebaliknya, Richmond Fed’s Manufacturing Index turun ke – 12 pada bulan Juli dari 3 pada bulan Juni dan kurang dari yang diperkirakan pasar sebesar 5.

Sementara itu, para investor nampaknya menjauh dari matauang bersama Eropa menjelang pertemuan kebijakan moneter dari European Central Bank (ECB) yang kritikal pada minggu ini nantinya. Preview dari event ECB ini adalah: “ECB kemungkinan akan mengubah petunjuk kedepan dan memberikan signal pemangkasan yang akan datang (pada bulan September dan secara potensial sesudahnya), dengan demikian meneguhkan ekspektasi dovish daripada pasar” kata analis ING.

Secara tehnikal, penurunan lebih lanjut dari pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “support” awal di 1.1105 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1070 dan kemudian 1.1024. Sedangkan kenaikan dari pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “resistance” awal di 1.1185 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1220 dan kemudian ke 1.1250.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here