Jumlah Pekerja Swasta AS Bertambah Mengabaikan Perlambatan Ekonomi

668
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Perusahaan swasta AS menambahkan lebih banyak pekerjaan dari yang diharapkan pada Juli di tengah kekhawatiran bahwa ekonomi AS melambat dan pasar tenaga kerja mendekati pekerjaan penuh.

Payroll swasta meningkat sebesar 156.000 untuk bulan itu, menurut laporan Rabu dari ADP dan Moody’s Analytics yang mengalahkan perkiraan Dow Jones sebesar 150.000. Jumlah tersebut merupakan peningkatan dari 112.000 pada bulan Juni, direvisi lebih tinggi dari yang sebelumnya dilaporkan 102.000.

Sementara angka menunjukkan kekuatan di pasar tenaga kerja secara keseluruhan, beberapa bulan terakhir telah melihat penyimpangan dari kenaikan yang konsisten di atas 200.000 selama beberapa tahun terakhir, memberikan lebih banyak tanda-tanda bahwa kondisi semakin ketat.

“Pertumbuhan pekerjaan itu sehat, tetapi terus melambat,” kata Mark Zandi, kepala ekonom di Moody’s Analytics, dalam sebuah pernyataan yang dilansir CNBC. “Usaha kecil menderita beban kemunduran. Yang menghambat pertumbuhan pekerjaan adalah kekurangan tenaga kerja, PHK di pengecer bata-dan-mortir, dan dampak dari perdagangan global yang lebih lemah. “

Memang, perusahaan dengan kurang dari 50 karyawan tertinggal dari rekan-rekan mereka, menambahkan hanya 11.000 posisi untuk bulan ini. Sebaliknya, mereka yang memiliki lebih dari 500 pekerja tumbuh sebesar 78.000, sementara bisnis menengah menambah 67.000.

Sektor jasa menyumbang 146.000 dari total, sementara produsen barang menambahkan 9.000. Angka-angka tidak bertambah hingga total akhir karena pembulatan.

Berdasarkan industri, layanan profesional dan bisnis tumbuh paling besar, dengan 44.000 pekerjaan baru. Layanan pendidikan dan kesehatan berikutnya dengan 37.000 sedangkan perdagangan, transportasi dan utilitas naik 27.000.

Di sisi barang, konstruksi menambahkan 15.000 tetapi sumber daya alam dan pertambangan turun 6.000 dan manufaktur hanya berkontribusi 1.000 total.

Laporan ADP / Moody ditonton sebagai patokan potensial untuk laporan non farm payroll yang lebih banyak diikuti, yang akan dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja pada hari Jumat. Kedua laporan tersebut dapat sangat berbeda, karena jumlah pemerintah Juni mencerminkan pertumbuhan 224.000 terhadap total ADP yang jauh lebih kecil. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan gaji akan naik 165.000 untuk Juli

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here