Harga Emas Jatuh Lebih Dari 1% Karena Pemangkasan Suku Bunga dan Pernyataan Powell

302

(Vibiznews-Commodity) Data ekonomi AS yang keluar pada kemarin malam sebelum pengumuman FOMC Fed adalah laporan ADP Non-Farm Payrolls untuk pekerjaan  sektor swasta yang muncul dengan angka 156.000 untuk bulan Juli – secara signifikan diatas 102.000 pada bulan Juni. Angka ini membentuk ekspektasi untuk laporan “employment” yang akan keluar pada hari Jumat.

Reaksi terhadap laporan ADP AS relatif tenang dengan pasar fokus kepada event utama pada minggu ini – pemangkasan tingkat bunga yang pertama kali oleh the Fed di dalam lebih dari satu dekade. Gubernur Fed Jerome Powell dan koleganya telah siap untuk mengurangi tingkat bunga sebagai respon terhadap inflasi yang melambat dan ketidakpastian yang tinggi karena ketegangan perdagangan. Pemangkasan tingkat bunga sebesar 25 basis poin sudah dimasukkan dalam perhitungan harga dolar AS, dan investor telah memperhatikan pergerakan yang berikutnya.

Skenario dasar adalah bagi the Fed untuk memberikan signal bahwa pergerakan tersebut adalah hanya “insurance cut” satu event tunggal dan bukan merupakan permulaan dari suatu siklus yang akan ada pemangkasan berikutnya. Dalam hal ini, dolar AS memiliki ruang untuk naik.

“Greenback” naik tiba-tiba setelah di dalam pertemuan FOMC, bank sentral AS mengumumkan pemangkasan tingkat suku bunga pertama kalinya sejak krisis pada tahun 2008. Kemudian terkoreksi lagi dan lalu melompat selama konferensi pers dari Gubernur Fed Powell. Kunci pemicunya adalah ketika Powell berkata bahwa keputusan untuk memangkas tingkat bunga kali ini berbeda dari permulaan siklus pelonggaran yang dulu. Dia mengatakan bahwa pergerakan ini adalah penyesuaian pada pertengahan siklus.

Analis dari ING mengatakan,”Kami menilai hal ini adalah sebagai pergerakan pencegahan awal untuk membantu ekspansi ekonomi AS terpanjang di dalam rekornya tetap berlangsung. Kemungkinan masih akan ada pelonggaran lagi, namun tidak sebanyak seperti yang dihargai oleh pasar.”

Federal Reserve AS memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin di dalam apa yang Powell katakan sebagai “penyesuaian pertengahan siklus”. Sebagai tambahan terhadap pemangkasan karena perlambatan ekonomi global dan keinginan untuk mengembalikan ekspektasi inflasi, Powell mengatakan bahwa pemangkasan kemarin malam adalah “insurance cut” untuk memastikan perlawanan terhadap resiko penurunan di dalam perdagangan. Powell juga merasa ada tanda-tanda pelemahan investasi dan manufaktur sebagai akibat dari resiko tersebut. Sebagai hasilnya, harga emas jatuh lebih dari1% karena keputusan the Fed dan pernyataan dari Powell dan tekanan turun masih bekerja pada sesi ini.

Saat ini harga emas diperdagangkan disekitar $1,410.50. “Support” awal menunggu di $1.408.10 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke $1,407,00 dan kemudian $1,405.94. Sedangkan “resistance” awal menanti di $1,411.70 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,413.62 dan kemudian $1,414.40.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here