GBP/USD Pulih Dari Kerendahan 2 ½ Tahun Ditengah Turunnya USD & Ketakutan Brexit Tanpa Kesepakatan

247

(Vibiznews-Forex) Walaupun pesimisme karena Brexit tanpa kesepakatan tetap membebani GBP/USD, turunnya “greenback” baru-baru ini membantu “cable” untuk pulih dari kerendahan multi-bulan dan sekarang sedang diperdagangkan disekitar 1.2105 pada awal perdagangan hari Jumat pagi.

Dengan Bank of England (BOE) menurunkan perkiraan pertumbuhan dan membawa kekuatiran akan Brexit yang tanpa kesepakatan, “cable” menyelam ke level terendah sejak Januari 2017 pada hari Kamis kemarin. Awalnya yang menambah kepada kelemahan “cable” adalah menguatnya USD karena didasari oleh pemangkasan suku bunga oleh the Fed yang kurang “dovish” nadanya. Sesudah itu, pengumuman tarif yang baru dari Presiden AS Donald Trump memicu turunnya kembali USD setelahnya.

Bukan saja ketakutan akan perlambatan ekonomi global yang disebabkan oleh perang dagang AS dengan Cina namun data “employment” bulanan dan ISM Manufacturing Index dari Amerika Serikat juga menambah kehati-hatian bagi para investor selama awal perdagangan sesi Asia.

Klaim pengangguran AS pada minggu yang berakhir tanggal 26 Juli bertambah menjadi 215.000 lebih buruk daripada yang diperkirakan 214.000. Sementara itu  ISM Manufacturing Index untuk bulan Juli muncul di 51.2% sementara konsensus pasar memperkirakan indeks ini muncul di 52.0% pada bulan Juli setelah 51.7% pada bulan Juni. Angka diatas 50% dipandang sebagai tanda dari pertumbuhan ekonomi dan sebaliknya. Semakin jauh angka dari indikator ini diatas atau dibawah 50%, semakin besar atau kecil tingkat perubahannya.

Namun perlu dicatat bahwa ketakutan akan Brexit yang tanpa kesepakatan tetap menjadi hal yang disorot dengan para pembuat kebijakan Inggris telah meningkatkan tekanan untuk menyiapkan event sedemikian menjelang waktu istirahat dari parlemen.

Secara tehnikal, “support” awal menunggu di 1.2100 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2000 dan kerendahan selama tahun 2107 didekat 1.1987. Sedangkan “resistance” awal menunggu di 1.2150 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2172 dan kemudian 1.2250.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here