Trump Tegaskan Ekonomi AS Kuat, Dapat Menarik Uang Masuk Dari China

471

(Vibiznews – Economy & Business) Presiden AS Donald Trump pada hari Selasa mengatakan bahwa AS berada dalam posisi ekonomi “sangat kuat” dan bahwa suku bunga dan peluang investasi menarik sejumlah besar uang dari Tiongkok.

“Sejumlah besar uang dari China dan bagian lain dunia mengalir ke Amerika Serikat untuk alasan keamanan, investasi, dan suku bunga!” Kata Trump di Twitter. “Kami berada dalam posisi yang sangat kuat. Perusahaan juga datang ke AS dalam jumlah besar. Suatu hal yang indah untuk disaksikan! ”

Komentar presiden AS tersebut muncul di tengah-tengah perang dagang yang semakin intensif antara AS dan China, dengan Gedung Putih mengumumkan rencana pekan lalu untuk mengenakan tarif tambahan 10% pada impor Tiongkok senilai $ 300 miliar.

Hal itu memicu gelombang retorika dan tindakan balas dendam dari Beijing, yang sejak itu meminta perusahaan-perusahaan pemerintahnya untuk berhenti membeli produk pertanian A.S.

Menyusul melemahnya yuan terhadap dolar AS, Departemen Keuangan pada hari Senin secara resmi menyebut China sebagai “manipulator mata uang,” pertama kali pemerintah membuat deklarasi semacam itu sejak era Bill Clinton pada 1990-an. Ketegangan tampaknya mereda pada Selasa setelah bank sentral China mengindikasikan bahwa mereka masih berniat untuk menguatkan yuan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here