Yuan China Stabil; Akankah Memberi Dorongan Positif Pasar?

623

(Vibiznews – Forex) Setelah mata uang China melemah tajam pada hari Senin, bank sentral negara itu menetapkan titik referensi resmi yuan lebih kuat dari titik itu pada hari Selasa (06/08).

Garis penting itu adalah tujuh yuan per dolar. Dalam jam perdagangan Asia sore Senin, mata uang onshore berpindah tangan pada 7,0304 terhadap dolar, sedangkan yuan offshore diperdagangkan pada 7,0807 terhadap dolar AS.

Pada Selasa pagi, People’s Bank of China menetapkan yuan pada 6,9683. Itu lebih kuat dari 6,9736 yang telah diperkirakan menurut Reuters.

Tetap saja, itu lebih lemah dari tingkat paritas 6,9225 dari Senin pagi – dan itu yang terlemah sejak 20 Mei 2008, menurut Reuters.

Pasar di seluruh dunia mengamati dengan cermat posisi yuan pada level 7 per dolar setelah AS menyatakan China sebagai manipulator mata uang pada hari Senin.

Pelemahan tajam dalam mata uang China pada Senin terjadi setelah Presiden AS Donald Trump secara tak terduga mengumumkan tarif baru di Beijing minggu lalu, dan karenanya langkah yuan secara luas dianggap sebagai respons dari pihak China.

Upaya stabilisasi mata uang yuan ini memberikan beberapa pemulihan sore ini. Bursa Eropa merespon positif stabilisasi yuan. Demikian juga Dow Futures di AS rebound setelah stabilnya yuan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here