Emas Menyentuh Puncak Baru Bertahun-tahun Menuju Batas Psikologis $1500

433

(Vibiznews-Commodity) Emas naik ke puncak baru bertahun-tahun pada hari Rabu, dengan tren naik sekarang mengarahkan matanya ke pergerakan menaklukkan batas psikologis kunci $1500.

Metal berharga kuning terus membangun pergerakan naik pada minggu ini menembus zona “supply” $1448-50 dan terus mengambil keuntungan dari pelarian uang secara global ke “assets” yang aman ditengah ketakutan akan perang dagang AS-Cina yang pecah secara penuh. Ketegangan diantara kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia ini terus meningkat setelah keputusan Presiden Donald Trump pada minggu lalu untuk mengenakan tarif 0% atas $300 miliar impor barang-barang Cina sejak tanggal 1 September yang akan datang.

Pengumuman ini membantu komoditi berharga “rebound” tajam dari angka batas $1400 – yang dites pada hari Kamis minggu lalu pada saat pemangkasan tingkat suku bunga yang “hawkish” oleh the Fed. Selain itu, kejatuhan imbal hasil obligasi treasury AS yang baru pada hari Rabu memberikan dorongan tambahan terhadap metal kuning yang tidak memberikan imbal hasil dan berkoloborasi terhadap momentum positip yang berkelanjutan untuk sesi ketiga berturut-turut.

Pada kenyataannya, imbal hasil benchmark obligasi pemerintah 10 tahun jatuh ke level terendah sejak bulan Oktober 2016, yang sekarang kelihatannya membebani permintaan terhadap dolar AS dan selanjutnya mendukung permintaan terhadap komoditi yang berdenominasi dolar. Keuntungan yang kuat pada hari Rabu ini juga menandakan pergerakan naik keempat di dalam lima kali sebelumnya dan mengangkat komoditi emas ke level tertinggi sejak bulan April 2013.

Sekarang menarik untuk melihat apakah pergerakan naik emas tetap bisa mempertahankan posisi dominan mereka ataukah cenderung untuk mengambil sebagian keuntungan terlebih dahulu ditengah kondisi yang “overbought” dan absennya rilis data ekonomi penggerak pasar dari Amerika Serikat. Kedepannya, pidato yang diskedulkan terhadap Presiden Fed Chicago Charles Evan sekarang akan dipantau oleh para trader untuk kesempatan trading jangka pendek.

Saat ini emas diperdagangkan di sekitar $1493. Secara tehnikal, “support” awal menunggu di $1462 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke $1450 dan kemudian $1444. Sedangkan “resistance” awal menunggu di $1499 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke $1512 dan kemudian $1527.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here