IHSG Dibuka Melemah Dampak Memburuknya Pasar Regional

423

(Vibiznews – IDX Stocks) – Bursa saham Indonesia di pagi hari ini dibuka melemah di level 6251.30, imbas kondisi pasar regional khususnya Hong Kong yang saat ini sedang bergejolak. Demikian juga dengan indeks saham-saham unggulan dibuka turun ke level 986.52.

Delapan dari sepuluh indeks sektoral bergerak ke zona merah terutama indeks sektor industri dasar yang anjlok sebesar 0.92%. Yang dapat menjadi perhatian para investor untuk saham-saham pilihan adalah JSMR, ISAT dan ASII.

Bursa saham Asia anjlok pada perdagangan Selasa ini, mengikuti jejak Wall Street. Sejumlah sentiment negative membayangi pasar, mulai dari kekuatiran tentang perang dagang China dan Amerika Serikat, aksi unjuk rasa di Hong Kong dan jatuhnya mata uang peso Argentina yang mendorong investor ke asset yang lebih aman seperti obligasi, emas dan yen.

Indeks Nikkei 225 anjlok 1.17% atau sebanyak 243.83 poin ke level 20440.1. Sementara indeks Hongkong juga anjlok sebanyak 325.28 poin atau 1.26% ke level 25.508.16.

Khusus di Singapura, terjadi penurunan di indeks Straits Times Index (STI), 0,82 persen ke level 2801.22. Dikabarkan pemerintah Singapura memangkas prediksi untuk pertumbuhan ekonomi pada tahun ini ke level hampir 0 persen. Langkah ini dilakukan seiring memanasnya perang dagang antara AS dan China. Prediksi tersebut lebih rendah dari proyeksi sebelumnya yakni di kisaran 1.5% – 2.5%.

Nilai tukar rupiah kembali melemah untuk hari kedua pada perdagangan pagi hari Selasa ini, bergerak di kisaran Rp.14.284 per dolar AS.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here