Bursa Asia 20 Agustus Ditutup Kuat Kecuali Bursa China dan Hong Kong

449

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham Asia-Pasifik  hari Selasa (20/08)  ditutup  sebagian besar lebih tinggi  dengan bursa saham China dan Hong Kong turun sedikit karena aksi profit taking  setelah People’s Bank of China meluncurkan reformasi besar pada sistem suku bunga acuannya.

Sentimen yang mendasari tetap didukung oleh meredanya   sengketa perdagangan AS-China setelah Amerika Serikat sekali lagi menunda larangan penuh untuk melakukan bisnis dengan Huawei.

Bursa saham China merosot ke posisi merah setelah reli yang kuat di sesi sebelumnya. dengan indeks Shanghai Composite index turun 0,11 persen menjadi 2.880 karena China menurunkan tingkat referensi pinjaman baru sedikit, seperti yang diharapkan, dalam upaya untuk menurunkan biaya pinjaman perusahaan. Indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,23 persen menjadi berakhir pada 26.231,54.

Bursa saham Jepang naik, dengan saham pemasok Apple dan pembuat chip  mendapatkan keuntungan setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa CEO Apple Tim Cook telah membuat  argumen yang sangat menarik terhadap tarif perdagangan. Indeks  Nikkei naik tipis 114,06 poin, atau 0,55 persen, menjadi 20.677,22.

Perdagangan saham Seoul naik tajam di tengah meningkatnya harapan langkah-langkah stimulus oleh ekonomi utama, seperti Jerman dan Cina. Sementara bank sentral China mengambil langkah yang ditunggu-tunggu dalam reformasi suku bunga, Jerman menjanjikan paket stimulus 50 miliar euro jika terjadi resesi. Indeks  Kospi menguat 20,35 poin, atau 1,05 persen, menjadi 1.960,25, memperpanjang kenaikan untuk sesi kedua berturut-turut.

Saham kelas berat teknologi Samsung Electronics melonjak 2 persen sementara operator portal top Naver Corp melonjak 4,7 persen. Saham pembuat mobil Hyundai Motor turun 1,2 persen dan afiliasinya Kia Motors turun 1,3 persen.

Pasar saham Australia naik untuk sesi kedua berturut-turut karena laporan bahwa China dan Jerman akan memperkenalkan langkah-langkah untuk merangsang ekonomi mereka yang melambat. Indeks acuan  ASX 200 melonjak 77,60 poin, atau 1,20 persen, menjadi 6.545.

Dikawasan pasifik lainnya, bursa saham Selandia Baru menguat  dengan indeks acuan  NZX 50 naik 101,36 poin, atau 0,95 persen, menjadi 10.803,84 dengan saham pembuat produk susu a2 Milk melonjak 3,8 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here