Bursa Eropa Akhir Pekan Bergerak Untung Akibat Meredanya Konflik Politik Italia

1146

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa pada perdagangan akhir pekan hari Jumat (23/08) bergerak lebih untung karena kekhawatiran atas Italia mereda dan pemerintahan Trump mengatakan masih merencanakan putaran pembicaraan langsung antara AS dan pejabat Cina pada bulan September.

Setelah presiden Italia memberi partai politik utama negara itu empat hari lagi untuk merundingkan pembentukan pemerintah alternatif, Matteo Salvini sebagai pemimpin partai Liga kanan-kanan Italia, mengatakan ia terbuka untuk membuka kembali negosiasi dengan Gerakan Bintang Lima (MS5) – tetapi tanpa kontrol dari Brussels.

Fokus pasar sekarang bergeser ke pidato Ketua Fed Powell di simposium Jackson Hole untuk mencari petunjuk tambahan tentang pelonggaran kebijakan di masa depan.

Meskipun ada kekhawatiran tentang resesi yang menjulang, pejabat Fed tetap terpecah atas apakah ekonomi membutuhkan lebih banyak penurunan suku bunga.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,6 persen pada 376,34 setelah kehilangan 0,4 persen di sesi sebelumnya. Indeks DAX Jerman naik 0,55 persen, indeks CAC 40 Prancis naik setengah persen dan FTSE 100 naik 0,7 persen.

Saham Perusahaan IT Denmark SimCorp A / S naik 4,3 persen setelah meningkatkan perkiraan keuangannya untuk 2019.

Saham pemberi pinjaman Jerman, Deutsche Bank, naik setengah persen setelah setuju untuk membayar $ 16 juta kepada Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS untuk menyelesaikan tuduhan bahwa mereka melanggar Undang-Undang Praktik Korupsi Asing.

Saham Rival Commerzbank naik lebih dari 1 persen karena laporan pihaknya berencana untuk memangkas 1.800 menjadi 2.500 pekerjaan.

Saham Wirecard, penyedia pembayaran elektronik dan aplikasi manajemen risiko, menguat 2,7 persen setelah perusahaan mengatakan telah menandatangani perjanjian dengan SunExpress, perusahaan patungan antara Lufthansa dan Turkish Airlines, untuk menangani pembayaran kartu kredit di agen perjalanan lokal.

Saham Kelompok bahan bangunan CRH menguat 2,2 persen di London setelah perusahaan telah mengadakan perjanjian dengan Societe Generale untuk membeli kembali saham biasa atas nama CRH dengan pertimbangan maksimum 350 juta euro.

Saham Entertainment One melonjak sebanyak 32 persen ketika Hasbro Inc. setuju untuk membeli media massa dan perusahaan hiburan dalam transaksi semua-tunai senilai sekitar 3,3 miliar pound atau $ 4,0 miliar.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here