Bursa Eropa Mampu Kuat Melawan Data Jerman Yang Mengecewakan

573

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa  naik tipis dalam perdagangan awal pekan yang berhati-hati pada hari Senin (26/08) setelah penurunan tajam pada sesi sebelumnya di tengah kekhawatiran tentang  ketegangan perdagangan AS-China. Selain itu pasar juga  terus memantau KTT Kelompok Tujuh (G-7) di Biarritz, Prancis, di tengah situasi global yang sangat serius.

Penguatan indeks bursa Eropa menghiraukan hasil survei dari lembaga Ifo yang berbasis di Munich menunjukkan bahwa kepercayaan bisnis Jerman melemah lebih dari yang diharapkan pada bulan Agustus ke level terendah sejak akhir 2012. Indeks iklim bisnis turun menjadi 94,3 pada Agustus dari revisi 95,8 pada Juli. Ini adalah yang terendah sejak November 2012 dan di bawah perkiraan 95.0.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 hampir tidak berubah di 371,34 setelah turun 0,8 persen pada hari Jumat. Indeks DAX Jerman bergerak naik 0,2 persen dan indeks CAC 40 Prancis naik setengah persen sementara pasar Inggris tetap ditutup untuk libur bank.

Saham Deutsche Bank sedikit turun setelah pemberi pinjaman Jerman tersebut  mengadakan pembicaraan dengan Grup UBS untuk menggabungkan bisnis mereka awal tahun ini, termasuk diskusi pada pertengahan Juni tentang aliansi perbankan investasi.

Saham perusahaan properti perumahan Vonovia turun 2,3 persen dan Deutsche Wohnen turun 4,8 persen setelah laporan bahwa pemerintah kota Berlin berencana untuk membatasi sewa. Saham Konglomerat media massa Prancis, Vivendi bergerak lebih rendah dengan mengatakan pihaknya berencana untuk memberikan suara menentang usulan merger Mediaset ke Media untuk Eropa NV pada pertemuan pemegang saham Mediaset.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here