Bursa Jerman Masih Kuat Meski Data PDB Kontraksi

463

(Vibiznews – Index) – Kekuatan bursa saham Eropa bervariasi pada perdagangan hari Selasa (27/08) karena pembicaraan pemerintahan koalisi masih berlanjut di Italia dan investor menunggu kejelasan lebih lanjut tentang pendekatan pemerintahan Trump terhadap perang perdagangan AS-China.

5-Star Movement yang anti kemapanan Italia menunda pembicaraan tentang pembentukan koalisi baru dengan oposisi Partai Demokrat, bersikeras akan mengakhiri pembicaraan kecuali Giuseppe Conte dapat tetap menjadi perdana menteri.

Sentimen dari rilis ekonomi, PDB Jerman menyusut 0,1 persen secara berurutan di kuartal kedua, membalikkan ekspansi kuartal pertama 0,4 persen. Ini adalah penurunan pertama dalam tiga kuartal dan cocok dengan estimasi awal.

Selain itu data ukuran kepercayaan manufaktur Perancis sedikit meningkat pada Agustus dalam buku pesanan dan ekspektasi produksi, sementara sentimen konsumen tetap stabil.

Indeks Pan European Stoxx 600 naik 0,15 persen pada 371,76, membalikkan kerugian awal. Indeks DAX Jerman naik 0,2 persen, sedangkan indeks CAC 40 Prancis sedikit berubah dan FTSE 100 dari Inggris turun 0,4 persen.

Saham perusahaan keuangan yang berfokus di Asia seperti HSBC Holdings dan Prudential bergerak lebih rendah di London setelah unjuk rasa di Hong Kong berubah menjadi aksi kekerasan di distrik New Territories barat wilayah Tsuen Wan akhir pekan.

Saham IWG, kelompok kantor bersama terbesar di dunia, menguat 2,8 persen di tengah laporan bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan untuk memisahkan bisnis AS ke perusahaan yang terdaftar secara terpisah di New York.

Saham Carpetright melonjak sebanyak 8,5 persen setelah hedge fund Meditor, pemegang saham terbesar di perusahaan, setuju untuk mengambil tumpukan utang yang substansial.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here