Tiga Faktor Penting Pemicu Penurunan Harga Gula

541

(Vibiznews – Commodity) – Harga gula mengalami penurunan ada tiga faktor yang akan membuat harga gula turun, masalah persediaan & permintaan,harga minyak mentah , kurs Real Brazil.

Harga gula Oktober di ICE New York turun 4 sen (0.35%) menjadi $11.43 per pound. Di ICE London hari Senin hari Libur.Harga gula hari Senin mengikuti turunnya harga minyak mentah. karena turunnya harga minyak mentah membuat etanol sebagai pengganti tidak diperlukan.

Awalnya harga gula pada hari Senin dibuka lebih tinggi karena harga minyak mentah berbalik arah dari harga terendah dua minggu dan naik pada awal sesi, setelah itu pedagang mengambil keuntungan dan harga minyak mentah ditutup turun.

Tingginya harga minyak mentah merupakan keuntungan bagi harga ethanol, sebagai substitusi dari minyak mentah. Ethanol yang berbahan baku tebu,kalau harga minyak naik maka para petani tebu menjual tebu ke pabrik etanol sehingga persediaan gula kurang harganya meningkat.

Faktor yang membuat harga gula negatif adalah melemahnya kurs real Brazil yang turun 0.83% ke terendah sebelas bulan terhadap dolar yang mendorong penjualan ekspor yang dilakukan oleh produsen gula.
Jumat lalu data dari UNICA membuat harga gula turun sejak produksi gula di daerah Brazil Pusat dan Selatan pada pertengahan Agustus naik 24.27% tahunan menjadi 2.126 MMT walaupun produksi gula secara kumulatif di 2019-20 masih turun 6.3% menjadi 15.4574 MMT.

Harga gula hari Selasa minggu lalu sempat menyentuh ke terendah dua minggu karena produksi gula India meningkat. Researcher Marex Spectron mengatakan hari Senin lalu cuaca yang bagus mendorong produksi gula India 2019/20 sebesar 30 MMT, naik 6% dari 28.2 MT perkiraan dari Indian Sugar Mills Association.

Curah hujan di India pada musim monsoon memdorong kenaikan panen gula India. Menurut Departemen Meteorologi India pada tanggal 8 Agustus, curah hujan monsoon sebesar 298.4 mm lebih besar 4.6% dari rata-rata jangka panjang,

Analisa tehnikal pada gula dengan support pertama sebesar $11,40 dan berikut ke $11.30 sedangkan resistant menjadi $11.80 dan $12.00.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here