EUR/USD Tertahan Di 1.1100, Siap Untuk Kejatuhan Yang Lebih Signifikan?

455

(Vibiznews-Forex) EUR/USD diperdagangkan disekitar 1.1100 setelah kehilangan pijakan pada hari Senin dengan Amerika Serikat dan Cina menyatakan ketenangan mengenai pembicaraan perdagangan setelah gejolak pada hari Jumat. Pada hari Selasa kemarin pasar sedikit kurang optimistik.

Kesanggupan euro untuk mendapatkan keuntungan dari kejatuhan yang lain mungkin telah mencapai batasnya – apakah ini artinya siap untuk kejatuhan yang lebih signifikan?

Pada hari Jumat, eskalasi dari ancaman tarif telah mengirim dolar AS turun bersamaan dengan jatuhnya imbal hasil obligasi AS – dan EUR/USD terdorong naik. Pada hari Senin, Presiden AS Donald Trump dan wakil perdana menteri Cina Liu He menyebut ketenangan – imbal hasil naik dan EUR/USD jatuh.

Namun sekarang, media di raksasa ekonomi Asia ini telah menyatakan keragu-raguannya mengenai pernyataan Trump bahwa Cina menginginkan kesepakatan. Dan sementara imbal hasil obligasi jatuh lagi – EUR/USD tetap tertahan di 1.1100.

Apakah para investor telah merasakan kesakitan ekonomi yang Jerman dan ekonomi zona euro lainnya telah derita sebagai akibat dari pergulatan AS-Cina?

Sebagaimana yang telah dicatat beberapa kali, ekonomi Jerman sangat tergantung kepada impor dari Cina. Angka final memberikan konfirmasi bahwa lokomotif ekonomi Eropa ini telah mengalami kontraksi di kuartal kedua sebesar 0.1% dan tetap stagnan secara tahunan. Data terbaru juga menunjukkan pesimisme. IFO Business Climate Index telah jatuh ke 94.3 pada bulan Agustus – lebih rendah daripada yang diperkirakan 95.1 dan jauh dibawah dari yang tercatat pada bulan Juli sebesar 95.7.

Secara tehnikal, “support” awal menunggu di 1.1050 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.1027 dan kemudian 1.1000. Sedangkan “resistance” awal menunggu di 1.1115 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1130 dan kemudian 1.1165.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here