Hanya Bursa Inggris Bertahan Kuat Lawan Kekhawatiran Resesi

515

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa sebagian bergerak lebih rendah pada perdagangan hari Rabu (28/08), hanya pasar saham Inggris naik lebih tinggi di tengah berita bahwa pemerintah Inggris mencari untuk menunda pemungutan suara parlemen dari sekitar pertengahan September.

BBC melaporkan bahwa Ratu Elizabeth akan diminta untuk menunda sidang parlemen Inggris beberapa hari setelah anggota parlemen kembali dari liburan musim panas pada 3 September.

Di bawah rencana pemerintah Perdana Menteri Boris Johnson, semua bisnis akan ditunda sampai pidato Ratu pada 14 Oktober dimulai sesi parlemen baru. Karenanya Pound jatuh hampir 1,1 persen terhadap sekeranjang mata uang global, menandai kinerja terburuknya sejak akhir Juli.

Di Inggris, indeks FTSE 100 naik 27 poin, atau 0,38 persen, pada 7.116 setelah ditutup 0,1 persen lebih rendah pada hari sebelumnya. Di tempat lain di Eropa, indeks DAX Jerman dan CAC 40 Perancis turun sekitar setengah persen karena kekhawatiran resesi yang menjulang. Indeks Pan-Eropa Stoxx Europe 600 menurun 0,3 persen.

Kekhawatiran resesi memukul saham-saham teknologi dengan keras, dengan SAP, Infineon Technologies dan AMS turun 1-2 persen.

Imbal hasil obligasi pemerintah kawasan euro beringsut kembali ke rekor terendah hari ini setelah ukuran luas kurva yield Treasury As terbalik berbalik pada hari Selasa.

Perusahaan ritel pakaian mewah Ted Baker naik tipis setelah setuju dengan Sojitz Infinity untuk membuat kesepakatan lisensi. .

Saham BP Plc melonjak 2,2 persen setelah perusahaan setuju untuk menjual seluruh bisnisnya di Alaska kepada perusahaan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi Hilcorp Alaska untuk $ 5,6 miliar.

Saham British American Tobacco membalikkan kerugian awal menjadi lebih tinggi, sementara Imperial Brands memangkas beberapa kerugian karena Philip Morris International membenarkan hal itu dalam pembicaraan dengan Altria Group mengenai merger semua saham dengan jumlah yang sama.

Kekhawatiran resesi memukul saham-saham teknologi dengan keras, dengan SAP, Infineon Technologies dan AMS turun 1-2 persen.

Dalam rilis ekonomi, kepercayaan konsumen Jerman akan tetap tidak berubah pada bulan September, data survei dari kelompok riset pasar GfK menunjukkan.

Indeks sentimen konsumen berwawasan ke depan bertahan stabil di 9,7 pada bulan September. Ekonom telah memperkirakan indikator turun ke 9,6.

Pinjaman bank zona euro untuk rumah tangga meningkat paling besar sejak awal 2009 pada bulan Juli dan pertumbuhan pasokan uang dipercepat, data dari Bank Sentral Eropa mengungkapkan.

Pinjaman untuk rumah tangga naik 3,4 persen tahun ke tahun di bulan Juli, sedikit lebih cepat dari kenaikan 3,3 persen di bulan Juni. Ini adalah pertumbuhan tercepat sejak Januari 2009.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here