Kondisi Politik Italia Tenangkan Kekhawatiran Bursa Eropa

561
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa pada perdagangan hari Kamis (29/08) bergerak rebound oleh sentimen meredanya kekhawatiran perdagangan dan optimisme atas pembentukan pemerintah baru di Italia .

Kementerian Perdagangan China dilaporkan mengatakan dalam pertemuan mingguan bahwa kedua belah pihak harus menciptakan kondisi yang diperlukan untuk melanjutkan negosiasi dan bahwa China menentang peningkatan perang perdagangan.

Di tempat lain di Italia, Gerakan 5-Bintang dan oposisi Partai Demokrat mengatakan mereka akan mencoba untuk membentuk koalisi dan menghindari pemilihan cepat

Indeks pan-European Stoxx Europe 600 naik hampir 1 persen pada 376,41 setelah menurun 0,2 persen pada sesi sebelumnya. Indek Benchmark DAX naik 1,1 persen dan indeks CAC 40 Prancis menguat 1,2 persen sementara FTSE 100 dari Inggris naik 1 persen. Indeks FTMIB Italia naik sebanyak 2 persen.

Saham Bouygues melonjak 5,7 persen di Paris setelah Perusahaan mengkonfirmasi pandangan keuangan sisa tahun setelah membukukan laba operasi inti semester pertama yang lebih baik dari perkiraan.

Perusahaan Dinks, Pernod Ricard, naik 2,4 persen setelah meluncurkan pembelian kembali € 1 miliar. Saham AstraZeneca naik 1,4 persen karena mengatakan obat lupusnya telah memenuhi tujuan utamanya dalam uji klinis.

Saham Obat utama Swiss Roche Group naik 0,6 persen setelah menerima persetujuan Komisi Eropa untuk Tecentriq (atezolizumab) dalam kombinasi dengan Abraxane untuk orang dengan kanker payudara PD-L1-positif, metastasis, triple-negative, kanker payudara.

Saham kelompok jasa energi Hunting naik 3,6 persen setelah labanya naik di paruh pertama 2019 meskipun ada ketidakpastian dalam industri minyak dan gas. Saham Vodafone Group naik 2 persen di tengah berita bahwa mereka akan mensponsori tim Porsche Formula E dalam kontrak lima tahun.

Namun ada saham yang mengecewakan seperti Saham Micro Focus International anjlok hingga 23 persen setelah Kelompok produk perangkat lunak Inggris memangkas prospek pendapatan setahun penuh, mengutip pengeluaran yang lebih rendah dari klien di tengah lingkungan makro yang memburuk.

Untuk berita rilis ekonomi, jumlah pengangguran di Jerman tumbuh 4.000 orang yang disesuaikan secara musiman setelah peningkatan 1.000 pada bulan Juli menurut laporan Badan Ketenagakerjaan Federal menunjukkan. Kenaikan ini sejalan dengan ekspektasi para ekonom.

Secara terpisah, data kepercayaan ekonomi zona euro meningkat secara tak terduga pada bulan Agustus menurut data survei dari Komisi Eropa. Indeks sentimen ekonomi naik ke 103,1 pada Agustus dari 102,7 pada Juli, sementara pembacaan diperkirakan turun ke 102,3.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here